KA Wisata Operasikan Kereta Priority Rute Jakarta-Jogja

(ki-ka) Dian Anggraheni GM Tour & MICE, Parevin Marhaennianto GM Transport dan Totok Suryono Direktur Utama PT KA Pariwisata pada peluncuran rute terbaru Kereta Wisata. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Untuk mendukung pariwisata sekaligus menyambut libur Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Kereta Api Pariwisata membuka rute baru kereta kelas priority jurusan Jakarta-Yogyakarta pada KA Fajar Utama Yogyakarta (YK) dan KA Senja Utama YK.

Langkah ini melihat tingginya animo masyarakat yang bepergian dengan kereta wisata. Sebelumnya, KA Wisata hanya memiliki empat rute (Jkt-Bandung, Jkt- Cirebon, Jkt-Semarang, Jkt-Surabaya) dan sekarang telah bertambah menjadi lima rute ditambah (Jkt-Yogyakarta).

“Pertimbangan kami meluncurkan KA Fajar Utama YK Priority dan KA Senja Utama YK Priority adalah untuk memberikan alternatif baru kepada masyarakat dalam memilih kelas kereta, sekaligus mendukung pariwisata ke destinasi utama seperti Yogyakarta,” kata Totok Suryono Direktur Utama PT KA Pariwisata, Senin (23/12/2019) di Jakarta.

Kereta Api Wisata ini akan dirangkaian dengan kereta Senja Utama dan Fajar Utama yang pemberhentian akhir di stasiun Yogyakarta. Menurut Totok,, sejak diluncurkan pada 13 Desember kemarin, jumlah peminat KA Priority baik.

“Angka jumlah perjalanan kereta wiata mengalami kenaikan 118% dari tahun lalu. Angka terempat duduk mengalmai kenaikan sebesar 119% dari tahun lalu,” ujarnya.

Pada 2018, KA Pariwisata menyelenggarakan total 407 perjalanan dengan jumlah tempat duduk sebanyak 11.793 tempat duduk pada masa Natal dan Tahun Baru 2018/2019. Penghitungan jumlah tempat duduk ini merupakan gabungan dari pola sewa (carter) dan pola FIT (perorangan).

Soal tiket, pihaknya mengatakan sudah 90% terjual untuk musim liburan Nataru ini. Puncak masa angkutan libur Nataru terjadi pada 21 Desember 2019 pada arus mudik dan 3 Januari 2020 saat arus balik.

Pada akhir tahun ini, PT KA Pariwisata menargetkan sebanyak 480 perjalanan kereta wisata dengan jumlah tempat duduk 13.980 tempat duduk/kursi. Jumlah ini merupakan gabungan dari pola sewa (carter) dan pola FIT (perseorangan). Adapun, peningkatan jumlah penumpang dibanding hari-hari biasa, yakni rata-rata 20%.

“Karena memang KA Pariwisata ini tidak banyak, sehingga okupansinya tinggi karena hari-hari biasa juga sudah 80%.” kata Totok.

Khusus menyambut Nataru, pihak KA Wisata memberikan tarif promo mulai dari Rp 600 ribu yang berlaku tanggal 13 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Untuk penumpang KA Priority yang berangkat dari Stasiun Yogyakarta akan mendapat layanan ruang tunggu di Anggrek Lounge sekaligus menerima hidangan menu All You Can Eat secara gratis dengan cara menunjukkan boarding pass dan kartu identitas resmi penumpang.

Jadwal keberangkatan Kereta Wisata yang terbaru, dari Stasiun Tugu Yogyakarta pada KA Fajar Utama YK Priority (KA 145P) relasi Yogyakarta-Pasar Senen adalah pukul 07.00-15.11 WIB dan KA Senja Utama YK Priority (KA 147P) relasi Yogyakarta-Pasar Senen adalah pukul 19.05-03.01 WIB.

Sementara itu, pada KA Fajar Utama YK Priority (KA 146P) relasi Pasar Senen-Yogyakarta adalah pukul 07.20-15.29 WIB dan KA Senja Utama YK Prioroty (KA 146P) relasi Pasar Senen adalah pukul 18.55-03.07 WIB.

STEVY WIDIA

Exit mobile version