youngster.id - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa penggunaan platform edukasi interaktif Kahoot! di kelas dapat meningkatkan efektivitas belajar daripada siswa yang tidak menggunakannya.
Laporan ini diterbitkan oleh lembaga penelitian edtech independen internasional WiKIT. Dengan menggunakan metode penelitian meta-analisis studi peer-review, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Kahoot! terbukti dapat membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
Profesor Natalia Kucirkova, Co-CEO WiKIT dan salah satu penulis laporan tersebut mengatakan, tingginya jumlah studi penelitian yang dipublikasikan tentang permainan kuis Kahoot! menunjukkan popularitas Kahoot! secara global. Meta-analisis WiKIT menganalisis dan menggabungkan hasil dari berbagai penelitian independen ini, yang menunjukkan manfaat pembelajaran yang signifikan dari penggunaan Kahoot!.
“Kami sangat senang melihat dedikasi Kahoot! dalam mengevaluasi penelitian yang dilakukan dengan produknya dan dukungan menyeluruh terhadap bukti yang semakin dituntut oleh sektor EdTech untuk memberikan pengalaman pendidikan yang efektif bagi semua pelajar,” kata Kucirkova, Rabu (27/3/2024).
Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pendidikan telah menunjukkan peningkatan permintaan terhadap edtech. Hal tersebut memacu investasi pada solusi bermutu tinggi yang teruji dan sesuai dengan kebutuhan para guru dan siswa. Dalam hal ini, Kahoot! sebagai platform pembelajaran berbasi game menjadi inovasi yang hadir untuk menjawab perkembangan permintaan guru dan siswa di sektor pendidikan.
Eilert Hanoa, CEO Kahoot! mengatakan, melalui pemaparan hasil dari meta-analisis studi peer-review independen mengenai pengaruh Kahoot!, para pendidik dan administrator saat ini dapat lebih yakin dalam menggunakan Kahoot! untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.
“Selama satu dekade, jutaan siswa dan guru di seluruh dunia telah menggunakan Kahoot! untuk berkreasi dan mengeksplorasi pengalaman belajar berbasis game yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan bukti kuat kepada para pendidik bahwa Kahoot! tidak hanya mendorong partisipasi, tetapi juga secara langsung meningkatkan pembelajaran siswa,” kata Hanoa.
HENNI S.