Kalibrr Indonesia Bagikan Hasil Riset IFTO 2020

Kalibrr Indonesia bagikan hasil risetnya mengenai Indonesia Future Talent Outlook 2020 (IFTO) (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Secara keseluruhan industri berkembang dengan cukup baik dalam satu dekade terakhir. Menurut data dari Badan Pusat Statistik tahun 2019, pertumbuhan industri di Indonesia menyentuh angka 5.49%.

Tentunya, angka pertumbuhan industri itu menunjukkan sebuah perkembangan yang bagus bagi iklim serta peluang kerja di Indonesia secara keseluruhan. Apalagi, sebagai negara dengan penduduk terpadat ke-4 di dunia, Indonesia diprediksi akan mengalami ledakan usia tenaga kerja produktif pada tahun 2045, yang mana akan membutuhkan lebih banyak peluang pekerjaan untuk menampung mereka. Sayangnya, meskipun ada banyak peluang kerja baru yang bermunculan, daya serap tenaga kerja di Indonesia dinilai masih belum maksimal.

Padahal, dalam industri digital sendiri saja, setidaknya membutuhkan 600 ribu tenaga kerja baru setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan 9 juta tenaga kerja pada tahun 2030. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, salah satunya adalah minimnya informasi yang didapatkan para pencari kerja dalam menemukan lowongan pekerjaan yang pas dan sesuai dengan keahlian serta kebutuhan mereka.

Menanggapi hal ini, Kalibrr Indonesia sebagai recruitment platform, meluncurkan Indonesia Future Talent Outlook 2020 (IFTO) yang merupakan hasil rangkuman data penggunaan platform Kalibrr sepanjang tahun 2019, baik dari sisi pencari kerja maupun dari sisi rekruter.

Indonesia Future Outlook 2020 adalah sebuah rangkuman hasil data riset dari Kalibrr Indonesia, yang dirangkum dalam bentuk digital (pdf) yang dapat diunduh secara gratis. Data riset ini dirangkum berdasarkan data penggunaan platform Kalibrr Indonesia di sepanjang tahun 2019. Untuk mendapatkan Indonesia Future Talent Outlook 2020 ini, para pencari kerja hanya perlu mengunduhnya secara gratis melalui link: kalibrr.me/IFTO2020.

Melalui data riset Indonesia Future Talent Outlook 2020 ini, diharapkan ada lebih banyak pencari kerja yang teredukasi, serta mengetahui lebih dalam seputar dunia rekrutmen, sehingga ke depannya para pencari kerja tersebut dapat menentukan cara yang tepat dan efektif dalam mencari pekerjaan. Selain itu, melalui Indonesia Future Talent Outlook 2020 ini pula, diharapkan dapat memberikan insight juga bagi para pelaku HR di Indonesia dalam memahami perilaku dan kebiasaan pencari kerja usia muda di Indonesia.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version