Kampanye Love On, Donasi Komputer Lenovo Kepada Sekolah

Siswa-siswa SDN 11 Gandaria Utara Jakarta menggunakan desktop AIO dari Lenovo. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Literasi digital menjadi subjek pendidikan yang penting bagi siswa Indonesia di era digital. Peduli akan hal itu, Lenovo Indonesia berbagi kebahagiaan menggelar kampanye global LOVE ON yang mendonasikan produk untuk sejumlah sekolah dasar di Jakarta.

Budi Janto, Country Manager Lenovo Indonesia, Lenovo Indonesia mengatakan, pemberian desktop AIO ini merupakan rangkaian kegiatan global Lenovo Foundation di bulan Mei yang merupakan “Global Month of Service” atau Bulan Pelayanan.

“Memasuki era revolusi industri 4.0, pendidikan digital adalah aspek yang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa-siswa Indonesia.  Digitalisasi ini sudah menjadi keharusan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam pekerjaan dan pendidikan. Semakin baik literasi digital anak-anak Indonesia maka akan semakin baik pula daya tawar yang mereka miliki dalam persaingan global di masa depan,” kata Budi dalam keterangannya, Kamis (29/5/2019) di Jakarta.

Di Indonesia khususnya, kegiatan bulan ini dilakukan di bawah tema #LenovountukGenerasiPintar yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan pelajar Indonesia.

Ada 18 set lengkap desktop All in One (AIO) 22” untuk mendukung kegiatan belajar mengajar pelajar dan guru di sekolah. Dalam kegiatan CSR kali ini, Lenovo Indonesia berkolaborasi bersama Foodbank of Indonesia, organisasi nirlaba yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi kesenjangan pangan di Indonesia.

Baca juga :   Pelindo III Luncurkan 4 Aplikasi Pelabuhan

“Melihat fenomena ini, Lenovo Indonesia ingin juga berkontribusi dalam membangun masa depan Indonesia yang siap menghadapi persaingan global dan menjadi negara yang berorientasi digital. Oleh karena itu salah satu program kami adalah menghibahkan produk desktop AIO kami yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan digital siswa-siswa SDN 11 Gandaria Utara.”

Selain memberikan donasi desktop AIO, Lenovo Indonesia juga menggelar pelatihan komputer kepada guru dan pelajar, sebagai wujud kontribusi pegawai Lenovo Indonesia. Pelatihan yang diberikan kepada guru adalah Microsoft Excel yang merupakan aplikasi paling sering digunakan, antara lain cara memanfaatkan fitur-fitur terbaru Microsoft Excel 2019 yang dapat mempermudah dan mempercepat kinerja guru. Sedangkan pelatihan yang diberikan kepada siswa adalah pelatihan menggambar dan kreasi konten menggunakan komputer.

Dalam acara seremoni tersebut, donasi secara simbolis diberikan kepada Sukini, Kepala Sekolah SDN 11 Gandaria Utara. “Dengan adanya komputer-komputer ini, ke depannya kami berharap para pelajar akan ‘melek’ digital, yang akan menambah skill mereka. Terutama nantinya mereka akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer sehingga kami bisa memulai mempersiapkan anak-anak dengan pengetahuan dasar komputer,” ungkapnya.

Baca juga :   Go-Jek Bakal Ekspansi ke Asia Tenggara

Di bulan ini, Lenovo Foundation semakin memperkuat komitmen Lenovo untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) serta membangun beragam masyarakat yang kurang mampu di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, fokus kegiatan CSR Lenovo Foundation terbagi secara beragam dan merata di berbagai aspek kehidupan dimulai dari pendidikan, sosial, pangan, hingga pemulihan pasca bencana.

STEVY WIDIA