Kampus UMKM Shopee Dukung Pertumbuhan UMKM di 9 Kota

Shopee UMKM Kampus Ekspor

Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai platform yang menjadi rumah bagi jutaan penjual di Indonesia, UMKM menjadi bagian penting bagi Shopee. Untuk mendukung UMKM lokal naik kelas dengan mudah, Shopee telah menghadirkan Kampus UMKM Shopee. Program ini yang memberikan pelatihan dan pembinaan gratis untuk meningkatkan kecakapan penggunaan teknologi digital dalam berbisnis.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja, mengapresiasi besarnya semangat para UMKM yang berpartisipasi di Kampus UMKM Shopee sejak 2021.

“Melihat antusiasme para peserta Kampus UMKM Shopee, semakin memperkuat semangat Shopee untuk terus berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan menghadirkan berbagai dukungan, agar UMKM lokal dapat naik kelas dan semakin berdaya melalui teknologi,” kata Handhika dalam siaran pers, Jumat (12/08/2022).

Menurut Handhika, saat ini Kampus UMKM Shopee telah hadir di 9 kota di Indonesia. Ada 2 Kampus UMKM Shopee Ekspor yakni di kota Solo dan Bandung. Sementara Kampus UMKM Shopee hadir di Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Balikpapan, Malang, dan Makassar.

Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor memberikan pelatihan bisnis digital dan pendampingan untuk UMKM lokal. Sesi pelatihan dibawakan oleh trainer Shopee yang telah tersertifikasi, meliputi edukasi, pemasaran, transaksi, penyediaan sistem inventori dan pengiriman, hingga membukakan akses sebesar-besarnya bagi UMKM lokal untuk menjadi eksportir yang berdaya. Selain itu, peserta juga dapat menggunakan berbagai fasilitas pendukung seperti Ruang Foto, Studio Live Streaming, Simulasi Gudang dan Ruang Pertemuan secara gratis.

Pelatihan yang diberikan di Kampus UMKM Shopee juga sangat komprehensif. Dalam 1 tahun terakhir, total durasi pelatihan yang diberikan Kampus UMKM Shopee melebihi waktu tempuh dari Bumi menuju planet Mars dengan menggunakan roket. Jam pelatihan ini tentunya menjadi sangat penting bagi UMKM untuk mendapatkan pengetahuan keterampilan digital dan juga bertanya pada pelatih terdedikasi.

Kampus UMKM Shopee juga memiliki fasilitas Ruang Foto untuk UMKM membuat foto produk untuk tujuan promosi. Ruang Foto Kampus Shopee telah digunakan untuk memotret banyak produk milik UMKM lokal di 9 kota di Indonesia dalam satu tahun terakhir. Tahukah Anda bahwa untuk dapat memotret seluruh produk UMKM yang pernah difoto di Kampus UMKM Shopee, dibutuhkan waktu selama 2.000 jam.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version