Kaos Anak Interaktif Dengan Teknologi Augmented Reality

Produk inovasi menarik bernama Elextra 4D. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pada ajang Pameran Startup Teknologi & Inovasi Industri Anak Negeri yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Telkom University menghadirkan produk inovasi menarik bernama Elextra 4D.Ini adalah produk kaos anak-anak yang bisa menampilkan animasi 3D saat disorot menggunakan kamera smartphone.

Aplikasi Elextra 4D dibuat dengan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Untuk menampilkan animasi 3D, tim Elextra 4D menggunakan software Unity 3D, Vuforia dan Blender.

“Kita tinggal download aplikasi Elextra 4D di Play Store. Setelah terbuka aplikasinya teman-teman bisa mengarahkan kamera dari aplikasi ke T-Shirt, lalu akan muncul animasi 3D nya. Animasi yang muncul juga bisa digerakkan, misalnya saat kita menyorot animasi binatang, kita bisa membuatnya untuk berlari, berjalan, makan, tidur, lompat dan semacamnya. Kita juga bisa mengambil foto animasi yang muncul untuk dibagikan ke social media, misalnya” ungkap Bagas perwakilan dari Tim Elextra dalam keterangan yang dilansir Humas Telkom University, baru-baru ini.

Selain kaos, aplikasi ini juga dapat digunakan ke kemasan kaos sehingga anak-anak bisa melihat animasinya terlebih dahulu sebelum memilih kaos mana yang akan dibeli. Menurut penuturan tim Elextra 4D, kedepannya akan mengembangkan lebih luas ke desain kaos yang tidak hanya anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa.

STEVY WIDIA

Exit mobile version