Kebiasaan Belanja Orang Indonesia Berubah di Bulan Ramadhan

Lazada

Aktris Zaskia Mecca selaku brand ambassador Lazada Indonesia. (Foto: istimewa)

youngster.id - Lazada menemukan kebiasaan belanja orang Indonesia di bulan Ramadhan berubah dibandingkan bulan-bulan lainnya.  Kebiasaan berbelanja produk untuk dibawa mudik menjadi berubah. Menariknya, produk fashion, gadget dan elektronik kembali jadi pilihan favorit.

VP Marketing of Lazada Indonesia Sawitri Hertoto mengatakan meski masih di tengah pandemi, fashion jadi salah satu kategori yang penjualannya naik signifikan, khususnya kategori baju muslim.

“Sebetulnya di masa pandemi ini ada peningkatan yang lumayan signifikan untuk beberapa kategori, salah satunya fashion baju muslim. Dua-duanya baik laki-laki maupun perempuan. Dan juga sebetulnya fashion selalu menjadi favorit di tiap campaign atau salenya di Lazada,” kata Sawitri dalam acara Ngabuburit Bareng Lazada, Kamis (22/4/2021).

Selain itu gadget dan elektronik juga menjadi kategori lainnya yang paling banyak dicari orang Indonesia di bulan Ramadhan, terutama setelah mendapat tunjangan hari raya (THR).

Produk kecantikan seperti skincare dan bodycare juga menjadi sasaran konsumen perempuan. Penjualan peralatan rumah tangga seperti peralatan memasak dan home appliances juga meningkat signifikan.

“Itu juga sejalan dengan risetnya Kantar karena banyak orang yang jadi bisa masak, yang tadinya nggak bisa masak. Yang udah bisa masak, makin jago lagi karena mencoba resep baru,” ucap Sawitri.

Menurut dia, Hari Raya Idul Fitri tahun inipun memang masih sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, sekitar 14,9 juta orang dari Jabodetabek dan sekitarnya melakukan perjalanan mudik menjelang Idul Fitri. Namun, dengan adanya larangan mudik, kebiasaan membawa buah tangan istimewa untuk keluarga dan sahabat di kampung halaman pun mengalami perubahan.

Untuk menyiasati hal tersebut, Lazada mempersiapkan Bonus Dadakan bagi konsumen yang berbelanja di Lazada serta gratis ongkir, yang bisa digunakan kapanpun, dengan metode pembayaran apa saja. “Gratis ongkir ini untuk mengakomodir masyarakat yang ingin mengirimkan bingkisan Ramadan dan Idul Fitri sebagai bentuk silaturahmi, menggantikan mudik yang tertunda. Konsumen Lazada dimanapun mereka berada, bisa mengirimkan kebutuhan Lebaran seperti bahan makanan, baju baru, hingga bingkisan yang berarti, kemanapun di seluruh Indonesia. Intinya gratis ongkir setiap hari, semua produk, ke semua tempat untuk apapun jenis pembayaran yang dipilih” tambah Sawitri.

Selain itu, Lazada menggelar Kampanye Lazada hingga 11 Mei mendatang. Tapi puncaknya akan diadakan pada 23-25 April lewat program Ramadan Mega Sale di mana konsumen bisa mendapatkan diskon hingga 90%, berbagai voucher, cashback, hingga Bonus Dadakan. Lazada juga menggelar THR Sale pada 26 April – 2 Mei di mana platform e-commerce ini akan membagikan voucher hingga Rp 200.000.

“Sesuai dengan tema Lazada untuk Ramadan, #YakinLebihBerarti, kami berharap konsumen dapat memperoleh manfaat dari berbagai promo dan program menarik yang kami selenggarakan selama satu bulan penuh ini, terutama di puncak Ramadan Mega Sale. Semoga semua dapat merayakan Idul Fitri dengan tetap melakukan silaturahmi dan berbagi hantaran seperti tradisi di setiap bulan Ramadan, dan berbagi bingkisan yang berarti, sesuai dengan minat serta kebutuhan penerima, tanpa direpotkan dengan pengatur pengiriman, karena semua sudah dapat dilakukan di satu tempat.,” tutup Sawitri.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version