Kecepatan Streaming Netflix di Indonesia Meningkat

Nerflix

Netflix. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Netflix merilis Indeks Kecepatan ISP (Internet Service Provider) atau ISP Speed Index terbarunya, untuk bulan Maret 2022. Didalamnya disebutkan penyedia Layanan Internet (ISP) mana yang memberikan pengalaman streaming Netflix terbaik di berbagai negara.

Perlu diketahui Indeks Kecepatan ISP Netflix adalah ukuran performa Netflix prime time pada ISP tertentu, bukan ukuran performa keseluruhan untuk layanan atau data lain, yang mungkin melewati jaringan ISP tertentu.

“Performa Netflix yang lebih cepat secara umum berarti kualitas gambar yang lebih baik, waktu mulai yang lebih cepat, dan lebih sedikit gangguan,” jelas perusahaan dalam keterangan di laman resmi, Selasa (12/4/2022).

Platform over the top (OTT) itu menyebut, lima ISP di Asia mencatatkan peningkatan kecepatan di bulan Maret. Di Indonesia kecepatan Telkom di Indonesia meningkat 0,2 Mbps menjadi 3 Mbps. Berkat peningkatan tersebut, kecepatan rata-rata nasional Indonesia juga naik sebesar 0,2 Mbps menjadi 3,2 Mbps.

Menurut Netflix ISP Speed Index per Maret 2022, Biznet, LinkNet, MyRepublic, dan XL Home, menjadi ISP terdepan untuk layanan streaming Netflix dengan kecepatan 3,4 Mbps. Di bawahnya atau posisi kedua, terdapat Cyberindo Aditama (CBN) dan MNC Play dengan kecepatan 3,2 Mbps, disusul Telkom di tempat ketiga dengan kecepatan 3 Mbps.

Sementara VNPT di Vietnam melonjak 0,2 Megabits per detik (Mbps) menjadi 3,4 Mbps, setelah mengalami penurunan sebesar 0,2 Mbps bulan lalu.

Lalu VECTANT di Jepang mengalami kenaikan 0,2 Mbps menjadi 2,8 Mbps. Zajil Telecom di Kuwait mencatatkan peningkatan yang sama. Fiberlink di Pakistan juga naik 0,2 Mbps menjadi 2,6 Mbps.

Netflix juga mengungkapkan, ada 21 negara dengan catatan kecepatan tertinggi ini. Mereka adalah Australia, Belgia, Denmark, Jerman, Hungaria, Hong Kong, Israel, Luksemburg, Malaysia, Belanda, Panama, Portugal, Rumania, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Inggris, dan AS.

Netflix sebelumnya mulai meluncurkan tombol like baru dengan ikon dua jempol atau Double Thumbs Up atau “Amat Sangat Suka” di platformnya. Tombol ini berguna sebagai “cara tambahan bagi anggota untuk memberi tahu” platform, jenis serial dan film di Netflix apa yang ingin ditonton lebih banyak.

Christine Doig-Cardet, Director of Product Innovation, Netflix mengatakan tombol jempol yang ada saat ini, memang menjadi cara yang baik bagi pengguna untuk mengungkapkan perasaannya sebagai sebuah serial atau film. Sehingga, platform over the top (OTT) itu pun bisa menawarkan profil yang lebih sesuai dengan selera penonton.

“Namun, kami telah belajar dari waktu ke waktu bahwa perasaan ini dapat melampaui suka atau tidak suka yang sederhana,” kata Doig-Cardet.

Netflix, memberikan opsi tambahan untuk memberi tahu ketika pengguna benar-benar menyukai sesuai, ini berarti rekomendasi yang ditawarkan bakal lebih mencerminkan apa yang disukai pengguna. Kedua opsi dua jempol ini bisa ditemukan di samping tombol jempol ke atas dan jempol ke bawah, di perangkat seluler, TV, Web, Android, dan iOS.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version