Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kemendag Fasilitasi UKM di TEI 2016

13 September 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Kemendag Fasilitasi UKM di TEI 2016

Kemendag menargetkan transaksi perdagangan barang dalam pameran Trade Expo Indonesia mencapai US$ 800 juta. (Foto: Kemendag/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi Usaha Kecil Menengah (UKM) pada pameran ekspor Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 pada 12-16 Oktober 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Untuk itu telah dibuat program-program pendampingan bagi produk-produk Indonesia agar semakin menarik minat TEI.

“Kemendag memfasilitasi para pelaku usaha berorientasi ekspor agar mereka mampu menciptakan brand identity yang kuat di tengah gempuran produk-produk negara lain pada perdagangan internasional,” kata Arlinda Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag dalam keterangan tertulis Minggu (11/9/2016) di Jakarta.

Ada dua program pendampingan dari Kemendag untuk UKM, yang akan didorong untuk menembus pasar ekspor. Program tersebut adalah Fasilitasi Pendampingan Desain atau Designer Dispatch Service (DDS) dan Program Rebranding untuk pengembangan merek.
Menurut Arlinda, merek merupakan identitas suatu produk, dan dengan merek yang kreatif dan inovatif akan memperoleh posisi yang bagus dan memperkuat perhatian dari para konsumen, selain mengandalkan kualitas dan desain yang bagus.

Baca juga :   Spotify Luncurkan Program Khusus untuk Kreator Podcast

Peserta DDS yang juga diikutsertakan pada program rebranding akan menampilkan hasil karya mereka yang telah mendapatkan pendampingan dari para pakar di bidang desain dan merek. Namun demikian, peserta rebranding tidak hanya terbatas bagi para pelaku usaha yang mengikuti program DDS.

Tercatat sejak 2011, lebih dari 300 pelaku usaha dari berbagai daerah berpartisipasi dalam program rebranding yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan. Program tersebut menjadi salah satu fasilitas untuk pelaku usaha dalam upaya meningkatkan ekspor.

Pada 2016, kegiatan rebranding dilaksanakan di Sumatera Utara, Kepulauan Riau (Batam), Banten, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya, akan diseleksi 50 pelaku usaha kategori International Corporate and Small Business (ICSB), berdasarkan kriteria innovation and creativity, customer discovery, funding, utilizing information technology, dan business model innovation.

Kemendag bekerja sama dengan pakar rebranding. Para pelaku usaha diundang pada seminar mengenai pentingnya rebranding. Para pelaku usaha juga belajar mendalami brand positioning dan brand personality masing-masing.

Baca juga :   Lazada Bawa Mitra UKM Indonesia Ke Mancanegara

Keduanya merupakan faktor penting dalam membangun brand identity. Brand identity diwujudkan melalui nama merek, logo, dan warna kemasan yang menarik untuk membedakannya dengan produk lain yang serupa agar mudah dikenali dan diingat konsumen.

“Keluaran program rebranding adalah buku rekomendasi untuk setiap pelaku usaha yang diharapkan dapat memahami brand positioning produknya di pasaran, menciptakan merek baru yang mendukung usaha peningkatan daya saing produk, serta mampu mengkomunikasikan merek tersebut secara konsisten kepada konsumen potensial,” jelas Arlinda.

Target

Kemendag menargetkan transaksi perdagangan barang dalam pameran Trade Expo Indonesia mencapai US$ 800 juta, di luar transaksi jasa.

Pada 2015, total transaksi dari barang dan jasa pada TEI mencapai US$ 909 juta. Tahun ini dipatok 800 juta dolar AS untuk barang saja, sementara Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan memberikan target transaksi yang akan dicapai.

Sementara untuk bidang investasi, Arlinda menjelaskan, akan ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Hasil dari pelaksanaan kedua program tersebut akan ditampilkan pada pameran Trade Expo Indonesia ke-31 . Dalam pameran tersebut, ditargetkan bisa menarik kurang lebih sebanyak 14.700 pembeli potensial asal dalam dan luar negeri.

Baca juga :   Tokopedia Pasarkan Produk UKM DKI Jakarta

Tercatat total calon pembeli potensial asal luar negeri yang sudah melakukan registrasi untuk hadir pada TEI 2016 kurang lebih sebanyak 4.000 pembeli potensial. Menurut Arlinda, pada tahun ini pihaknya juga mengundang gubernur-gubernur yang ada di berbagai daerah untuk melihat potensi yang ada.

Jumlah calon pembeli potensial terbanyak berasal dari Nigeria mencapai 433 orang, diikuti Arab Saudi sebanyak 93 orang, india 83 orang, Indonesia 55 orang, Lebanon 49 orang, Kuwait 28 orang, Pakistan 19 orang, Amerika Serikat 18 orang dan Argentina sebanyak 18 orang.

 

STEVY WIDIA

Tags: Kementerian Perdagangan (Kemendag)pembinaan UKMTrade Expo Indonesia (TEI) 2016Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

Produk UMKM Incar Masuk Ali Express

Next Post

Achmad Pradipta : XL Future Leaders Siapkan Pemimpin Masa Depan

Related Posts

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025
Headline

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025

7 Juli 2025
0
BNIdirect
News

UKM Rumah Tempe Azaki Tembus Pasar Ekspor Didukung BNIdirect

2 Juli 2025
0
XL Axiata
News

XL Axiata Dukung Digitalisasi UKM Dengan Solusi Digital dan Sisternet

20 Mei 2024
0
Load More
Next Post
Achmad Pradipta : XL Future Leaders Siapkan Pemimpin Masa Depan

Achmad Pradipta : XL Future Leaders Siapkan Pemimpin Masa Depan

Inovasi Penyaring Jelantah UB Raih Medali Emas IYIA

Inovasi Penyaring Jelantah UB Raih Medali Emas IYIA

Pemuda Pemudi Asique Runner Up Kompetisi Mural

Pemuda Pemudi Asique Runner Up Kompetisi Mural

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version