Kemendag Gandeng Facebook Untuk Akselerasi Kemampuan Digital UMKM

Facebook Laju Digital telah melatih lebih dari 13,865 peserta di 17 kota di Indonesia. (Foto: istimewa)

youngster.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggaet perusahaan sosial media Facebook untuk  mengakselerasikan kemampuan digital pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Lewat kerja sama ini kemampuan digital UMKM diasah menjadi lebih baik guna meluaskan pangsa pasarnya, tidak hanya dalam negeri tapi juga ke level internasional.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk konkret kemitraan antara pemerintah dan pihak swasta untuk mendukung para pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital sebagai platform utama kegiatan bisnis mereka, terlebih untuk menembus pasar ekspor. Meski pandemi COVID-19 masih berlangsung, UMKM diharapkan bertahan dan berkembang,” kata Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Kerjasama ini akan dilangsungkan pada 22 April- 31 Desember 2021. Menurut Menteri Perdagangan, kolaborasi bersama perusahaan sosial media dinilai akan memberikan angin segar bagi pelaku UMKM untuk bangkit dari keterpurukan akibat COVID-19.

“Seluruh pelaku UMKM harus dapat menyesuaikan kegiatan bisnisnya dengan mengadopsi teknologi digital serta memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Secara berangsur-angsur, usaha mereka diharapkan mulai pulih dan berkembang,” ujar Lutfi.

Untuk memastikan kegiatan bisnis secara daring terlaksana dengan baik, salah satu aktivitas dalam kolaborasi ini adalah mengedukasi konsumen dan pemilik usaha untuk menciptakan interaksi bisnis yang baik dan aman. Lewat kampanye itu pelaku UMKM bersama beberapa content creator  yang ada di Facebook dan Instagram akan diedukasi untuk memahami komunikasi yang tengah berkembang di platform digital sehingga semakin banyak potensi penggunaan teknologi di era digital dimanfaatkan oleh UMKM.

Kerja sama antara Pemerintah dan Facebook pun diapresiasi oleh Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari. Menurut dia, survei Facebook di awal 2021 mendapati, sekitar 84% UMKM di Indonesia yang aktif di Facebook rupanya aktif mengikuti berbagai kegiatan tambahan untuk meningkatkan pendapatan.

“Facebook mengapresiasi kolaborasi bersama Kementerian Perdagangan untuk terus membantu pelaku UMKM di Indonesia agar mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan teknologi digital, khususnya di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Melalui berbagai pelatihan, diskusi dan bincang virtual, diharapkan para pelaku UMKM tetap semangat menjalankan dan mengembangkan usahanya,” kata Ruben.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version