Kemendikbudristek Gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara

Musik tradisi sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Kemendikbudristek gandeng Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar lomba Inovasi Musik Nusantara sebagai pelestarian budaya. Kemendikbudristek mengajak pegiat musik untuk berinovasi dan berkreasi terhadap musik tradisi sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa di tengah tantangan zaman yang semakin dinamis.

“Kami mengajak seluruh insan musik Tanah Air, terutama pegiat musik tradisi, untuk berkreasi dalam menciptakan lagu baru yang akan memperkaya variasi bentuk musik Nusantara. Kami ingin menjelajahi berbagai kemungkinan interaksi musik Nusantara di tengah era digital dengan tetap memperhatikan basis identitas budaya bangsa yang beragam,” ungkap Hilmar Farid Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek dalam keterangan pers, Senin (5/7/2021).

Sementara itu pendaftaran lomba telah dibuka hingga 31 Agustus 2021 di laman limntara.com. Peserta diwajibkan menciptakan lagu baru dengan menggunakan 100% musik tradisi Nusantara atau kolaborasi musik tradisi dengan instrumen non-tradisi maksimal 25%.

Karya yang dikirimkan akan diseleksi oleh juri yaitu sejumlah pakar musik seperti Dwiki Dharmawan, Balawan, Peni Candra Rini, Anon Suneko, Uyau Moris, dan Ridho Hafiedz.

Para peserta dengan karya inovasi musik Nusantara terbaik nantinya berkesempatan mendapat hadiah sebesar Rp 21 juta untuk 10 karya terbaik. Selain itu peserta yang menang juga akan mendapatkan Rp 10 juta untuk satu karya favorit warganet.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version