Kemenperin Gelar Lomba Desain Tenun

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih. (Foto: Kemenperin/Youngsters.id)

youngster.id - Untuk meningkatkan kreativitas perajin tenun dalam negeri Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian telah sukses menyelenggarakan lomba desain tenun khas Kalimantan Barat. Lomba ini bertujuan sekaligus mempromosikan kain tenun nusantara kepada wisatawan mancanegara sekaligus mendukung rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata 2016.

“Tenun nusantara memiliki berbagai motif yang khas dan kental dengan nilai budaya daerah asalnya yang patut kita lestarikan, termasuk kain tenun khas Kalimantan Barat,” kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Menurut Gati, tenun merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu terus dikembangkan. “Kain tenun khas Kalimantan Barat memiliki motif yang unik dan beragam, seperti lunggi pucuk rebung, dagin serong, dagin biasa, dan cual padang terbakar. Pengerjaannya membutuhkan keterampilan dan ketekunan tersendiri,” papar dia.

Lomba desain tenun khas Kalimantan Barat ini mengangkat tema tentang kemaritiman. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan kegiatan Sail Selat Karimata 2016, yaitu untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi maritim Indonesia.

“Jadi, para peserta berkreasi dan berinovasi membuat kain tenun dengan berbagai motif yang mencerminkan potensi maritim yang dimiliki Indonesia. Namun, setiap peserta hanya membuat satu desain dan belum pernah diikutsertakan pada kegiatan lomba serupa,” kata dia.

Adapun ketentuan lainnya pada lomba ini, yaitu original desain atau hasil ide kreatif sendiri, teknik pengerjaan dengan alat tenun Gedogan atau alat tenun bukan mesin (ATBM), ukuran kain dengan lebar 60-80 cm dan panjang 120-200 cm, serta bahan baku benang yang digunakan dicelup dengan zat warna alam sebagai upaya mendorong terwujudnya industri hijau.

“Lomba ini kita sosialisasikan ke empat kabupaten, Sintang, Sambas, Kapuas Hulu dan Sekadau. Pada 27 September 2016, kami telah menetapkan tujuh pemenang dari 19 perajin tenun yang ikut,” papar Gati.

Di samping itu, desain tenun para pemenang akan ditampilkan pada pameran yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata 2016 yang dilaksanakan pada 12-15 Oktober 2016. Selain itu, ditampilkan juga demo menenun oleh para pemenang lomba dan pemutaran video hasil lomba desain animasi tenun nusantara oleh Kemenperin.

Gati mengharapkan, lomba ini dapat menjadi kegiatan tahunan yang akan meningkatkan kreativitas dan keterampilan IKM di Indonesia. Saat ini, sekitar 368 sentra IKM tenun tersebar di seluruh wilayah Indonesia. “Mengingat besarnya potensi industri tenun, kami ingin menjadikan tenun sebagai world heritage seperti halnya batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia,” tegasnya.

Berdasarkan catatan Kemenperin, produk tenun dan batik memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap kinerja industri fesyen nasional. Pada 2015, produk fesyen Indonesia telah berhasil memperoleh pangsa pasar yang besar di skala global dengan nilai ekspor mencapai US$ 7,28 miliar.

STEVY WIDIA

Exit mobile version