Kemitraan Pemprov DKI Jakarta dan Tokopedia Dorong Digitalisasi Pelayanan Publik

Pemprov DKI Jakarta kerjasama dengan Tokopedia.(Foto: istimewa)

youngster.id - Teknologi diyakini dapat memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih. Karena itu, pemerintah mulai menggandeng perusahaan teknologi menjadi mitra ekonomi digital dan pelayanan publik.

Untuk mendukung DKI Jakarta sebagai Kota Cerdas (Smart City), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bermitra dengan Tokopedia. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tujuan kerjasama ini adalah mengajak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, untuk mendorong digitalisasi termasuk dalam bidang ekonomi dan pelayanan publik.

“Kemitraan ini membuka peluang bagi masyarakat untuk terintegrasi secara digital di berbagai sektor agar masyarakat mendapat kemudahan secara online, mulai dari mengakses pelayanan publik hingga memulai bisnis,” kata Anies Baswedan dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta.

Menurut dia, fokus utama kerjasama mitra ekonomi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah pemberdayaan pegiat UMKM. Mitra ekonomi akan mendukung pemerintah dalam menyediakan pelatihan dan pemantapan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengungkapkan, teknologi dapat memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih.

“Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, kali ini, kami bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung smart city,” kata Astri.

Menurut dia, masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta, bisa memanfaatkan teknologi untuk lebih mudah mengakses layanan publik dan berkontribusi terhadap perekonomian digital daerah dengan memulai usaha.

Kerjasama strategis Pemprov DKI Jakarta dengan mitra ekonomi seperti Tokopedia juga berfokus kepada peningkatan layanan Kartu Jakarta Pintar Plus dan KJMU Plus, digitalisasi sektor kepariwisataan dan transportasi publik, hingga kolaborasi pembangunan taman literasi digital.

STEVY WIDIA

Exit mobile version