Kemkominfo Akan Data Aplikasi di Indonesia

Ada banyak Aplikasi mobile beroperasi di Indonesia. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo akan mendata aplikasi yang beroperasi di Indonesia baik dari dalam mapun luar negeri. Pendataan tersebut dapat memperoleh peta yang aplikasi nasional sehingga dapat digunakan untuk mendukung pembangunan ekonomi digital.

“Data itu merupakan salah satu target saya tahun ini,” kata Samuel A Pangerapan Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemkominfo baru-baru ini di Jakarta

Menurut Samuel, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui data jumlah seluruh aplikasi yang beroperasi di Indonesia. Pihaknya baru mendapatkan laporan jumlah aplikasi untuk fintech. “Aplikasi fintech jumlahnya 160 pada 2016, itu yang beroperasi di Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu dengan asosiasi-asosiasi terkait aplikasi yang ada seperti untuk asosiasi e-commerce (IdEA). “Namun tidak melulu di asosiasi, kan ada juga yang tidak ikut asosiasi,” katanya.

Samuel mengharapkan dengan pendataan tersebut dapat memperoleh peta aplikasi nasional sehingga dapat digunakan untuk mendukung pembangunan ekonomi digital.

STEVY WIDIA

Exit mobile version