Kepercayaan Mitra Jadi Kunci OYO Bertahan selama Pandemi

OYO Hotel

OYO perkuat kemitraan dengan mitra hotel. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai jaringan hotel, fokus OYO untuk tetap bertahan di tengah tekanan industri adalah dengan menghadirkan strategi bisnis terbaik bagi keberlangsungan bisnis seluruh mitra. Selain inovasi secara bisnis dan operasional, kolaborasi yang solid bersama para mitra menjadi kunci bagi OYO Indonesia dalam mempertahankan bisnis selama pandemi.

Melalui kolaborasi dan kepercayaan para mitra, OYO terbukti mampu bertahan dan terus tumbuh dengan menambahkan lebih dari 350.000 kamar secara global dan saat ini telah mencapai 45.000 kamar di Indonesia. Selain itu, tingkat hunian hotel-hotel OYO secara global juga mencapai sekitar 85% dari periode sebelum pandemi, dengan peningkatan performa sebesar 6%, lebih baik dari industri lain jika dibandingkan dengan data industri dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Ritesh Agarwal, Pendiri & Group CEO OYO Hotels & Homes mengungkapkan, bisnis OYO terus berada pada jalur pemulihan, dengan laba kotor saat ini yang sudah melampaui level pra-COVID (Januari 2020). Secara global, tarif kamar yang dijual OYO juga telah meningkat lebih dari 5% selama pandemi.

“Kami akan terus berusaha untuk menghasilkan pendapatan bagi mitra secara maksimal, terutama melalui pemesanan kamar hotel di aplikasi OYO. Kami juga terus mengamati kondisi pasar dan optimis akan kembalinya geliat industri ini dalam lima hingga enam bulan ke depan. Terlebih dengan perkembangan vaksinasi untuk masyarakat yang menjadi angin segar bagi industri pariwisata di Indonesia,” kata Ritesh dalam keterangan pers, Jumat (26/3/2021).

Dia memaparkan, berbagai inisiatif dilakukan OYO selama pandemi, termasuk inisiatif layanan isolasi mandiri, yang terbukti telah meningkatkan tingkat hunian sebesar 80-90% selama masa pandemi pada beberapa properti. Selain itu, berbagai inisiatif yang berkolaborasi dengan para Online Travel Agents (OTA) juga berhasil meningkatkan Gross Merchandise Value (GMV) mitra hotel yang berpartisipasi hingga lebih dari 50%.

Sementara itu, Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia mengatakan, dalam menghadapi performa yang turun signifikan selama pandemi, OYO secara konsisten menganalisis performa dari setiap properti dan menghadirkan kerjasama bisnis terbaik bagi seluruh mitra, mulai dari menstimulasi permintaan, hingga memformulasi strategi agar mereka terus mendapatkan tingkat hunian yang maksimal.

“Tentu kami tidak dapat melakukan ini sendiri tanpa dukungan dan kerja sama yang baik dengan para mitra kami,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version