youngster.id - PT Bank MNC Internasional Tbk dan PT XL Axiata Tbk telah mencapai kesepakatan menjalin kemitraan strategis untuk mempromosikan MotionBanking. Dalam kesepakatan, XL Axiata berkolaborasi menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.
XL Axiata akan mendukung promosi di platform XL Axiata, dan sebagai imbalannya XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.
“Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking, yang pertama di Indonesia. Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital, dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata dan layanan operator selulernya yang memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan,” kata Yudi Hamka, CTO MNC Group.
Sementara itu, Director and Chief Commercial Officer – Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, menyebutkan bahwa kerja sama dan kemitraan MotionBanking dan XL Axiata ini dilatar belakangi oleh perkembangan layanan financial technology terkini.
”Kerja sama ini strategis bagi kami, karena selaras dengan agenda transformasi digital kami. Kerjasama yang saling menguntungkan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata un-tuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi. Kami yakin kerjasama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat,” kata David.
Aplikasi perbankan digital MotionBanking ini diluncurkan pada awal Juni 2021. Dengan ijin digital onboarding, MotionBanking dirancang untuk menjadi aplikasi perbankan digital terintegrasi yang menawarkan layanan lengkap mulai dari ta-bungan, transfer, pembayaran, kartu kredit, dengan UI/UX yang nyaman seperti e-KYC pembukaan reken-ing biometrik, login biometrik, notifikasi real-time, dan lain-lain.
Sejak diluncurkan, MNC Bank telah menandatangani sejumlah perjanjian dengan pihak ketiga untuk memperluas ekosistemnya. Dengan MNC Vision Networks, MotionBanking dapat mengakses lebih dari 9,6 juta pelanggan MVN; dengan Kredit Pintar dan Oriente (Finmas) untuk penyediaan pinjaman, fitur cicilan atau pay later, co-branding kartu kredit, kolaborasi dalam pemasaran dan layanan, penyaluran pinjaman, dan credit scoring berbasis AI untuk MNC Bank; dengan PT Jasamarga Related Business untuk layanan per-bankan digital dan pendanaan bagi para tenant di rest area; dan yang terkini dengan Visa dan Mastercard untuk kartu debit dan kredit virtual.
FAHRUL ANWAR