Khong Guan dan Kemendikbud Gelar Kompetisi Penjualan

Dedy Budiman, selaku Penanggung Jawab Program; Yuliati Sri Nurhidayati, selaku Kepala Seksi Kerjasama Industri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Tommy Hartono selaku National Sales Manager PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia pada saat pemaparan Program Khong Guan SMK Jago Jualan 2018, Kompetisi Tenaga Penjualan dan Pelatihan Sales Nasional di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai upaya untuk menggarap pasar anak muda, produsen biscuit Khong Guan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) menggelar kompetisi penjualan Khong Guan untuk anak sekolah menengah kejuruan (SMK) bertajuk “Khong Guan SMK Jago Jualan 2018”.

Menurut Dedy Budiman, Penanggung Jawab Program Khong Guan SMK Jago Jualan 2018, tujuan utama dari kompetisi ini adalah untuk meningkatkan pamor profesi penjualan. Selain itu, dengan melibatkan siswa SMK sebagai peserta, maka pasar anak muda pun otomatis tergarap.

“Demi mengangkat profesi penjualan, kami bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar program kompetisi tenaga penjualan dan pelatihan sales nasional Khong Guan SMK Jago Jualan 2018,” jelas Dedy, dalam keterangan tertulisnya.

Program yang digelar untuk ketiga kalinya ini memacu para siswa SMK dari jurusan Pemasaran dan Bisnis untuk berlomba menjual beragam varian biscuit Khong Guan secara inovatif di daerahnya masing-masing. Program ini sekaligus untuk meningkatkan kompetensi bagi siswa dan siswi SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran.

Baca juga :   Bank Danamon dan Railink Dukung Layanan Transportasi Publik

Ditambahkan Yuliati Sri Nurhidayati, Kepala Seksi Kerjasama Industri Kemendikbud, saat ini di Indonesia terdapat sekitar 13.800 SMK. Dari jumlah itu siswa jurusan pemasaran dan bisnis mencapai 1,1 juta siswa. Artinya, setiap tahun jurusan tersebut menghasilkan tak kurang dari 400 ribu lulusan, yang salah satu kompetensinya adalah di bidang pemasaran dan penjualan.

“Tujuan SMK adalah menghasilkan lulusan yang siap pakai. Bagi jurusan pemasaran maka salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah di bidang pemasaran. Karena itu kami bekerja sama dengan berbagai industri, salah satunya Khong Guan, untuk bisa meningkatkan kompetensi pemasaran lulusannya,” jelas Yuliati.

Sejauh ini telah terdapat 242 tim yang akan mengikuti kompetisi tersebut setelah mendaftar di situs www.smkjagojualan.com. Para peserta sendiri berasal dari 23 kota se-Indonesia. Pada proses pelaksanaannya, tim panitia yang terdiri dari para mentor akan melaksanakan sosialisasi program ke SMK-SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran. Tujuannya untuk memberikan penjelasan singkat kepada para peserta mengenai berbagai aspek dan teknik penjualan.