youngster.id - Dengan teknologi e-commerce, industri kreatif lokal dapat bertahan di tengah pandemi. Hal itu terbukti dengan kembali digelarnya KickFest, pameran clothing lokal. Kali ini, dengan menggandeng Shopee, KickFest menjadi pameran online clothing lokal pertama.
Ade Adriansyah, Ketua Panitia Kickfest mengatakan melihat perkembangan ekonomi kreatif yang perlahan mulai bergerak, dirinya melihat momentum ini dapat disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi lewat format online.
“Oleh karena itu, dengan dukungan dari Shopee kami berharap pameran clothing dengan format online ini bisa menjadi solusi bagi industri kreatif di tengah masa sulit ini,” kata Ade Adriansyah melalui keterangan pers Selasa (21/7/2020).
Menghadirkan lebih dari 200 brand lokal se-Indonesia, Shopee dan Kickfest juga memberikan beragam penawaran belanja. Mulai dari happy hour di mana semua produk terpilih akan mendapat potongan harga sebesar 50% pada jam tertentu, diskon hingga 70%, juga promo gratis biaya kirim.
Aditya Maulana Noverdi, Public Relations Lead Shopee mengatakan semangat yang dijalankan teman-teman Kickfest sesuai dengan misi Shopee untuk tetap terus menggerakkan ekonomi secara kreatif di tengah pandemi.
“Dengan dukungan teknologi dan inovasi dari Shopee, kami harap acara ini dapat memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi pecinta clothing brand lokal di Indonesia. Selain itu dengan cakupan layanan Shopee yang luas, kami berharap Shopee KickFest Online dapat dinikmati pecinta clothing lokal dari ujung Sumatera hingga Papua,” ungkap Aditya.
Selain berbelanja, pengguna juga akan disuguhkan beragam aktivitas menarik, dari KICKQUIZ dengan beragam hadiah, mix and match produk brand lokal, KICKVIEW yang akan mereview produk-produk terbaik tanah air, hingga KICKTALK sebuah online talkshow dengan beragam topik seru seputar dunia industrI kreatif.
Acara ini akan diselenggarakan selama empat hari, mulai dari 21 Juli hingga 24 Juli 2020 di aplikasi Shopee dan Shopee Live serta platform instagram @kickfestid. Acara ini juga diharapkan menjadi semangat baru untuk para pelaku bisnis brand clothing lokal dan meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi yang berdampak kepada ekonomi tanah air.
Pergerakan KixkFeat diawali pada tahun 2007, ketika gabungan (kolektif) beberapa brand lokal yang tergabung dalam “KICK” (Kreative Independent Clothing Kommunity), menggelar acara pertama mereka, KickFest di Lapangan Sabuga, Bandung. Acara ini kemudian berkembang menjadi kegiatan nasional, dengan menyajikan beragam brand clothing lokal dari Bandung, Jakarta, Bali, Malang, Surabaya, Yogyakarta, hingga brand-brand yang berada di luar pulau Jawa.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post