youngster.id - Pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini juga didorong untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya agar tetap dapat unggul dalam bersaing. Pemberdayaan UMKM dinilai dapat mendorong laju ekonomi dan mendukung pembangunan bangsa dan negara secara keseluruhan.
Kebutuhan akan digitalisasi bagi UMKM pun semakin meningkat terutama pada masa pandemi Covid-19. Sejauh ini, sebanyak 70% UMKM di Asia Pasifik telah mempercepat digitalisasi bisnis mereka akibat pandemi Covid-19. Berbagai platform media sosial tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk terus berkarya di tengah era modern ini.
Menyadari pentingnya berbagai hal tersebut, Binus University berinisiatif untuk mengadakan Studium Generale bersama Facebook Indonesia. Adapun, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk bersama-sama belajar mengenai teknologi seperti apa yang ditawarkan Facebook kedepannya serta bagaimana masyarakat luas, terutama generasi muda dapat memanfaatkan platform tersebut untuk mendukung kesuksesannya.
“Kami percaya UMKM lah yang sebetulnya menjadi kekuatan ekonomi kita, sekarang dan ke depan. Dengan adanya program ini, tentunya BINUS ikut senang, terbuka, dan ikut mendukung,” ungkap Prof Harjanto Prabowo, Rektor BINUS University di Webinar Kolaborasi Binus dan Facebook Bantu UMKM yang disiarkan secara online Rabu (28/10/2020).
Melalui event ini, Binus University juga meluncurkan program kolaborasi dengan Facebook di Indonesia dalam pembuatan konten untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuannya adalah untuk mendorong para pelaku UMKM agar siap terjun ke market digital dengan memberikan pelatihan serta berbagai pendampingan kepada UMKM. Bagi Facebook, UMKM bukanlah sekedar penggerak dari ekonomi Indonesia, namun juga merupakan jantung dan jiwa dari komunitas Facebook.
“Aktivitas jual beli secara natural digerakkan oleh komunitas masyarakat. Tugas kami sebagai platform adalah meningkatkan hal tersebut supaya pelaku UMKM dapat merasakan pengalaman yang lebih nyaman ketika melakukan jual-beli,” kata Peter Lydian Country Director untuk Facebook Indonesia.
Selain menyampaikan pemaparan mengenai pentingnya peranan UMKM, Peter Lydian turut memaparkan penggunaan dan dampak dari transformasi digital. Dampak terbesar dari Facebook terhadap transformasi digital di kalangan UMKM berada pada aspek pemasaran atau marketing. Mudahnya interaksi antara entrepreneur dan pelaku UMKM dengan para customer-nya, sangat menunjang kegiatan pemasaran melalui platform-platform yang dimiliki oleh Facebook.
Program pelatihan kolaborasi Binus dengan Facebook di Indonesia ini, akan terbagi ke dalam dua modul, yakni “Introduction of Media Buying” dan “Introduction of Media Planning”. Masing-masing modul dilengkapi dengan 20 sampai 30 bab pembahasan yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan industri terkini. Acara Studium Generale serta peluncuran konten pembelajaran untuk UMKM ini diharapkan dapat semakin memperkaya wawasan para pelaku UMKM sekaligus berkontribusi mensejahterakan bangsa dan negara melalui pembinaan dan pemberdayaan UMKM yang optimal.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post