Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

petani rumput laut

Kolaborasi FedEx dan YKAN Dukung Pemberdayaan Petani Rumput Laut Wakatobi (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

youngster.id - Berkolaborasi dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), perusahaan kurir FedEx Express (FedEx) berinisiatif melakukan pemberdayaan petani rumput laut di Kabupaten Wakatobi untuk memanfaatkan peluang ecommerce.

Program selama satu tahun ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi 270.000 keluarga dan 33.000 petani rumput laut, dengan mendorong perubahan sikap masyarakat terhadap lingkungan ke arah yang lebih positif dan membangun potensi mereka sebagai wirausaha global.

Program ini berfokus pada penduduk di Kabupaten Wakatobi, yang sebagian besar masyarakatnya merupakan petani rumput laut untuk membantu meningkatkan mata pencaharian mereka dengan memperkenalkan cara mempertahankan kesejahteraan hidup yang ekologis dan berkelanjutan. Wakatobi sebagai nama gabungan dari empat pulau yang membentuk wilayah kabupaten: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomi, dan Binongko.

Sebagai wilayah kepulauan dari 150 pulau, Wakatobi rentan terhadap kerusakan lingkungan yang bisa mengakibatkan degradasi kekayaan keanekaragaman hayati di kawasan tersebut, yang tidak hanya berdampak pada kualitas kehidupan laut di pulau-pulau sekitarnya, tetapi juga mata pencaharian petani rumput laut di masyarakat.

“Program yang kami lakukan di Wakatobi berfokus di dua bidang utama – penggunaan sumber daya laut yang bertanggung-jawab dan peralihan menuju e-commerce lintas negara. YKAN membagikan keahlian mereka tentang keberlanjutan, sementara FedEx akan memperkenalkan penduduk Wakatobi pada peluang perdagangan di pasar global,” kata Garrick Thompson, Managing Director FedEx Express Indonesia, dikutip Kamis (2/2/2023).

Menurut Thompson, kebutuhan bisnis untuk beralih ke e-commerce dengan cepat dan efisien sangatlah penting. Dengan jaringan global dan intra-regional kami yang luas serta portfolio FedEx yang diperluas untuk usaha kecil dan menengah di e-commerce, FedEx sangat antusias untuk menciptakan akses yang lebih besar bagi petani rumput laut Wakatobi di luar Indonesia.

Sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di Indonesia, budidaya rumput laut di Wakatobi memberikan peluang ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Sayangnya, dampak dari COVID-19 telah menyebabkan penurunan pariwisata yang meredam pendapatan mereka.

Untuk membantu petani rumput laut memanfaatkan peluang e-commerce, relawan FedEx mengembangkan modul pelatihan mengenai dasar-dasar pemasaran digital, e-commerce lintas negara, dan metode pengiriman yang tepat untuk mengekspor produk rumput laut.

“Melalui kolaborasi antara FedEx dan YKAN, kami harap bisa mendorong perubahan positif menuju perlindungan lingkungan dan mata pencaharian yang berkelanjutan bagi petani rumput laut,” ungkap Muhammad Ilman, Direktur Program Kelautan YKAN.

 

HENNI S.

Exit mobile version