Kolaborasi SDB dan ADVANCE.AI untuk Percepat Penetrasi Layanan ICS bagi Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia

Semangat Digital Bangsa (SDB)

Kolaborasi SDB dan ADVANCE.AI untuk Percepat Penetrasi Layanan ICS bagi Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia (Foto: Istimewa)

youngster.id - Perusahaan penyedia layanan innovative credit scoring (ICS) berbasis e-commerce Semangat Digital Bangsa (SDB) berkolaborasi dengan ADVANCE.AI–perusahaan AI dalam verifikasi identitas digital–untuk mempercepat pengenalan dan implementasi layanan ICS yang bisa membantu analisa kelayakan kredit dan validasi data calon peminjam bagi pelaku usaha jasa keuangan.

Data Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada April 2021 menyebutkan bahwa 132 juta orang di Indonesia saat ini masih tergolong unbanked dan belum memiliki akses terhadap kredit maupun pembiayaan.

“Kemitraan strategis dengan ADVANCE.AI ini menjadi peluang bagi SDB untuk mencapai misinya yaitu memberdayakan akses layanan finansial kepada semua orang melalui teknologi,” ungkap Head of Business Development and Marketing Semangat Digital Bangsa, Evita Soetjoadi, dalam keterangan pers, Rabu (7/5/2022).

Dijelaskan Evita, layanan ICS yang ditawarkan oleh SDB mencakup Toko Score (alternative credit score) yang memberikan penilaian kredit berdasarkan data alternatif dari calon peminjam kepada para mitra strategis, seperti pelaku usaha jasa keuangan, dengan menganalisis profil risiko calon peminjam. Ada pula Income Prediction yang memberikan estimasi nilai pendapatan calon peminjam untuk membantu mitra strategis menilai kapasitas dari calon peminjam.

Sedangkan, Address Validation dan Phone Validation memberikan validasi data alamat dan nomor telepon dari calon peminjam untuk membantu proses verifikasi para mitra strategis. Serta, Fraud Flags yang memberikan informasi apabila calon peminjam memiliki aktivitas dan perilaku yang mencurigakan di platform e-commerce.

Seluruh layanan dinilai berdasarkan perilaku calon peminjam di platform e-commerce, Tokopedia, dengan mengedepankan prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi berdasarkan peraturan yang berlaku. Para mitra strategis bisa mendapatkan seluruh layanan ini secara online dan real time profil risiko peminjam, sehingga bisa membantu membuat keputusan kredit yang cepat dan akurat.

“Layanan ICS berbasis digital ini diharapkan bisa mempermudah para mitra strategis di industri keuangan menilai dan menyediakan pinjaman ke masyarakat Indonesia yang lebih luas, terutama mereka yang masih belum mendapatkan akses ke layanan finansial. Berbagai pilihan layanan kami bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap mitra strategis untuk bisa meningkatkan jumlah nasabah dengan tetap menjaga risiko dengan baik” ungkap.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan SDB dan layanan Toko Score untuk mempercepat digitalisasi dan inklusi finansial Indonesia. Kolaborasi ini akan menyederhanakan onboarding pelanggan, manajemen risiko, dan transformasi bisnis, dengan tujuan akhir mendorong akses keuangan yang lebih besar bagi masyarakat unbanked dan underbanked di Indonesia,” ujar Business Development Director for Indonesia ADVANCE.AI, Ronald Molenaar.

Semangat Digital Bangsa (SDB) sendiri telah tercatat dan diawasi oleh Grup Inovasi Keuangan Digital, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga para mitra strategis dapat menggunakan layanan ICS Toko Score secara aman. SDB juga telah menjadi anggota dari Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version