Kolaborasi Telkom University dan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk Kemaslahatan Masyarakat

Telkom University x Pemkab Bandung

Kolaborasi Telkom University dan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk Kemaslahatan Masyarakat (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa, Telkom University berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat. Program-program yang direncanakan antara lain Program SDGs, Beasiswa, Inovasi Pengelolaan Sampah dan Program Entrepreneurship.

Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini, Telkom University tidak hanya turut menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Bandung, tapi juga mampu menjadikan SDM di Kabupaten Bandung menjadi lebih baik kedepannya.

Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis Telkom University Dr. Anisah Firli menjelaskan, pihaknya memiliki fokus di 17 SDGs. Banyak penelitian dosen, proyek kemanusiaan dan program pengabdian masyarakat yang mengarah pada program berkelanjutan.

“Alangkah lebih baik jika kami bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Bandung, sehingga dapat menyelesaikan real problem yang ada di Kabupaten Bandung,” ujar Anisah, dalam keterangannya Kamis (29/12/2022).

Dijelaskan Anisah, Telkom University dan Bupati Bandung akan memberikan program beasiswa kepada calon mahasiswa di Kabupaten Bandung, sehingga kolaborasi ini dapat meningkatkan akses pendidikan masyarakat ke perguruan tinggi atau lanjut sekolah.

“Banyak calon-calon mahasiswa di Kabupaten Bandung yang memiliki prestasi, sehingga bisa diapresiasi dengan pemberian beasiswa. Telkom University sendiri punya berbagai beasiswa, seperti Beasiswa Keagamaan, Beasiswa Prestasi dan lain-lain. Ini relevan dengan CSR Kabupaten Bandung yang mengarah ke sana, sehingga kita perlu bersinergi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas,” jelasnya.

Selain itu, Telkom University juga hibahkan Incinarator, yaitu inovasi multi produk untuk mengolah sampah dedaunan secara efisien dengan cara dibakar namun tetap ramah lingkungan. Alat ini diberikan untuk membantu pengelolaan sampah di TPA dan TPS Kabupaten Bandung.

“Di Indonesia, sampah masih menjadi permasalahan yang cukup memberikan dampak buruk ke lingkungan jika tidak ditangani dengan baik,” tambah Anisah.

Sebagai Perguruan Tinggi yang mempunyai visi Menjadi Research and Entrepreneurial University, Telkom University juga memberikan Program Entrepreneurship untuk pemuda usia produktif di Kabupaten Bandung. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat Kabupaten Bandung yang belum melek untuk menjalankan bisnis.

“Akan diberikan pelatihan-pelatihan untuk menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur bagi masyarakat, hal ini sejalan dengan Visi Telkom University yang berfokus pada entrepreneur. Banyak program yang bisa disinergikan, Telkom University sudah punya Bandung Techno Park, jika Entrepreneur Bandung bisa tumbuh harapannya dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia,” tutup Anisah.

 

HENNI S.

Exit mobile version