Kolaborasi Telkomsel dan MAB Untuk Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Penandatanganan nota kesepahaman Telkomsel dan MAB. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis energi terbarukan, Telkomsel menjalin kerjasama dengan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MAB) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (EV) yang lebih terintegrasi dan ramah lingkungan.

Kolaborasi ini akan menggabungkan solusi teknologi seluler terkini dari Telkomsel dengan keunggulan MAB dalam menyediakan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya.

VP Area Account Management Telkomsel, Nyoman Adiyasa mengatakan, Telkomsel akan menyediakan konektivitas yang andal, layanan inovatif, dan solusi berbasis teknologi, termasuk Internet of Things (IoT) dan broadband untuk meningkatkan efisiensi operasional kendaraan listrik, serta mendukung berbagai sektor industri seperti perkebunan, pertambangan, manufaktur, hingga otomotif, dalam mengadopsi teknologi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap kerja sama dengan MAB dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan di berbagai sektor. Dengan memanfaatkan teknologi seluler terkini seperti jaringan broadband, konektivitas kendaraan, manajemen operasi armada, hingga pemantauan energi, kami berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas secara keseluruhan,” kata Adiyasa dikutip Jumat (13/9/2024).

Dia menegaskan, Telkomsel juga akan mengembangkan kolaborasi guna mengakselerasi perkembangan industri Electric Vehicle dengan MAB untuk penyediaan solusi digital unggulan lainnya, seperti konektivitas yang mencakup telematik dan hiburan, hingga pemantauan kondisi kendaraan dan lokasi pengisian daya langsung dari dashboard.

“Kami percaya bahwa pasti ada solusi untuk setiap tantangan menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terhubung, dan berkualitas, sejalan dengan komitmen kami untuk transformasi digital yang berkelanjutan di seluruh Indonesia,” kata Adiyasa lagi.

Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa Indonesia, Kelik Irwantono, mengatakan, kemitraan strategis ini adalah langkah penting dalam mempercepat transformasi industri otomotif Indonesia menuju energi bersih dan berkelanjutan. “Dengan dukungan solusi digital dari Telkomsel, MAB yakin mampu menghadirkan kendaraan listrik berkelas dunia yang tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Conference 2024 pada 12 September 2024. Langkah ini merupakan upaya mendukung agenda pemerintah Indonesia dalam mencapai netralitas karbon pada 2060 dan mendorong penggunaan energi terbarukan di sektor transportasi.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version