Kominfo Hadirkan HUB.ID, Wadah Pertemukan Startup dengan Investor

startup

Startup (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program HUB.ID, program business matchmaking untuk startup Indonesia. Program ini menjadi wadah bagi startup untuk memperoleh akses pendanaan, kerjasama bisnis, serta kemitraan.

“HUB.ID ini adalah program untuk mempertemukan startup unggulan untuk bertemu dengan para investor. Jadi, mereka akan melakukan pitching dan menemukan partner untuk mengembangkan bisnisnya,” kata Semuel Abrijani Pangerapan Direktur Jenderal Aptika Kominfo dalam siaran pers, Kamis (29/7/2021).

Ia menjelaskan, program ini akan hadir dalam bentuk rangkaian speed mentoring, business matchmaking, networking session, hingga Demo Day. Namun mengingat masih dalam kondisi pandemi, program ini akan digelar secara online.

“Biasanya para calon investor itu ingin melakukan tatap muka saat bertemu (dengan startup), tapi dengan kondisi saat ini harus dilakukan online. Cara ini juga mulai dilakukan di negara lain, karena memang keterbatasan mobilitas,” ujarnya.

Adapun pendaftaran program HUB.ID untuk para startup dibuka dari 28 Juli hingga 13 Agustus 2021. Selanjutnya, proses kurasi akan dibagi dua tahap, yakni pada 18 hingga 20 Agustus 2021 dan 23 hingga 25 Agustus 2021. Sementara sesi mentoring akan dilakukan mulai 6 hingga 2 Oktober 2021, yang dilanjutkan sesi business matchmaking pada 14 hingga 29 Oktober 2021.

Dalam sesi business matchmaking ini, para startup akan dipertemukan dengan BUMN, korporasi swasta, maupun institusi pemerintah yang sudah dikurasi sesuai dengan sektor bisnisnya.

Selanjutkan akan dilakukan sesi networking yang dilakukan di 10 kota pada 2 September hingga 29 Oktober 2021. Kegiatan ini akan menghadirkan perwakilan korporasi swasta, akademisi, pemerintah daerah, hingga pelaku industri.

Lewat kedua kegiatan tersebut, startup diharapkan dapat menjalin kerjasama strategis dengan para korporasi atau lembaga pemerintah yang memiliki kesamaan visi maupun misi dengan bisnis yang mereka bangun

Rangkaian program ini akan diakhiri dengan Demo Day Preparation di 1 hingga 12 November 2021. Sementara Grand Demo Day dilakukan pada 18 dan 19 November 2021.

Plt Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna menuturkan, program ini nantinya dapat diikuti oleh startup yang berada di tahap pra seri A hingga tahap lanjut.

“Sasaran program ini adalah 50 startup digital yang sudah siap dengan strategi bisnisnya dan telah menjalankan bisnis lebih dari enam bulan. Artinya, mereka sudah punya traction dan produknya sudah digunakan,” ucap Adhiarna.

Dia memaparkan, program HUB.ID tahun ini berfokus pada beberapa bidang, yakni pertanian dan kemaritiman, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan, dan smart city.

Untuk mendukung program, I Nyoman mengatakan, Kementerian Kominfo juga akan menghadirkan pitch trainer kenamaan Peter Browne. Dengan harapan, startup yang terseleksi memiliki pengalaman untuk membuat presentasi yang baik di depan investor.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version