Kompetisi Kewirausahaan Ini Dorong Pelajar Kelola Bisnis Berorientasi Lingkungan

Peserta Indonesia Student Company of the Year Competition 2020. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Survei yang dilakukan oleh Cambridge Assessment International Education pada tahun 2019 menunjukkan pelajar Indonesia berusia 13-19 tahun memiliki minat dan perhatian yang besar pada isu global terkait lingkungan.  Selain itu, sebagian besar generasi muda ini bersemangat untuk menangani masalah ini dan telah melakukan aksi nyata, seperti mengubah gaya hidup yang berdampak pada lingkungan. 

Hal ini mendorong Prestasi Junior Indonesia (PJI), Citi Indonesia, Caterpillar Indonesia, dan PT AIG Insurance Indonesia menggelar kompetisi wirausaha pelajar berorientasi lingkungan bertajuk  Regional Student Company Competition 2020.

Robert Gardiner, Co Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert mengatakan, tahun ini, lebih dari 250 pelajar di 12 SMA/SMK di Jakarta dan Cileungsi berkesempatan untuk memiliki wawasan dan pengalaman bisnis yang komprehensif dengan mengoperasikan sebuah perusahaan siswa (SC-Student Company) di sekolah. Ide dan kinerja bisnis mereka menunjukkan potensi besar yang dimiliki generasi muda dalam mengelola bisnis sekaligus kepekaan dalam menyikapi perubahan perilaku konsumen yang juga semakin peduli terhadap lingkungan. 

“Kami berharap pengalaman yang diperoleh dari program ini dapat terus menginspirasi generasi muda untuk menciptakan lebih banyak bisnis baru yang menerapkan konsep keberlanjutan di masa depan,” kata Robert saat jumpa pers dengan media yang disiarkan secara online Sabtu (8/8/2020).

Finalnya, pelajar dari 12 SMA/SMK di Jakarta dan Cileungsi bersaing menunjukkan kepiawaian mengelola usaha mikro berorientasi lingkungan dalam kegiatan. Mereka berasal dari SMAN 35 Jakarta, SMAN 71 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, SMKN 20 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, SMKN 66 Jakarta, SMAN 1 Cileungsi, SMA Muhammadiyah Cileungsi, SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi, dan MA Al-Fatah Cileungsi.

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia  mengungkapkan bisnis yang diinisiasi oleh generasi muda Indonesia semakin menunjukkan tren yang positif akhir-akhir ini. Meningkatnya minat berwirausaha ini perlu diikuti dengan kesadaran untuk mengelola bisnis secara bertanggung jawab. 

“Oleh sebab itu, melalui program edukasi kewirausahaan yang menargetkan pelajar SMA/SMK ini, Citi Indonesia bersama PJI berupaya untuk memberikan pembelajaran praktis berwirausaha sekaligus menanamkan pentingnya membangun bisnis yang tidak hanya memprioritaskan profit, tetapi juga berorientasi untuk menjaga lingkungan. Kolaborasi ini juga dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mendorong lahirnya wirausaha muda baru di Indonesia,” jelas Puni.

Salah satu usaha mikro bentukan peserta program ini adalah Elasco Student Company dari SMAN 81 Jakarta. Berawal dari keprihatinan terhadap tingginya konsumsi kertas dan terus meningkatnya produksi limbah di Indonesia, bisnis ini menawarkan Noture Binder, binder ramah lingkungan yang terbuat dari limbah kayu, kertas daur ulang, serta pelepah pisang. Selama lima bulan beroperasi, para pelajar berhasil meraup penjualan hingga lebih dari 16 juta Rupiah.

Bisnis inovatif lainnya juga digagas oleh para pelajar dari SMKN 20 Jakarta, yaitu Nature Piece Student Company dengan produk Magic Enzyme. Cairan pembersih sepatu yang ramah lingkungan ini terbuat dari limbah kulit jeruk dan belimbing wuluh yang difermentasikan. Walau baru dirintis awal bulan lalu, mereka telah mampu menjual produknya sebanyak 52 paket pembersih sepatu dan ditargetkan mencapai 210 paket hingga Oktober mendatang.

Kedua belas sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Jakarta’ dalam kompetisi ini. Tiga sekolah terbaik akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company of the Year Competition 2020, yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version