Kompetisi Video Pemilu 2019 Dimenangkan oleh Jamban

Video pemenang kumparan X YouTube Video Competition. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Video dengan judul “Jamban” terpilih sebagai pemenang kumparan X YouTube Video Competition. Kompetisi ini digelar adalah untuk memberi wadah bagi mereka yang ingin mengkampanyekan Pemilu 2019 yang lebih bermutu lewat video.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh kumparan bersama YouTube selama bulan Februari 2019 hingga April 2019. Anton William, VP Marketing Kumparan mengungkapkan, ada lebih dari 600 video bertema “Jernih Memilih Saat Pemilu” dengan durasi 1-5 menit dikirim ke panitia.

“Kumparan mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam bentuk karya, semangat dan juga doa demi terselenggaranya kumparan X YouTube Video Competition. Kami berharap kompetisi ini akan terus memacu semangat anak bangsa untuk terus memberikan karya yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” ucap Anton dalam keterangan persnya Senin (10/6/2019) di Jakarta.

Juara pertama diraih oleh Video Jamban karya Sutradara Amatir Di bawah rumah produksi bernama Sutradara Amatir, Achmad Subhi dan rekannya melahirkan karya karya dengan tujuan untuk memajukan dan memperkenalkan daerah lewat karya film.

“Sebagai pemilih yang sudah melewati fase demi fase pemilu, pilkada dan pileg

tahun demi tahun, aku melihat tidak adanya perbaikan sistem politik bangsa ini. Selalu dipenuhi praktik money politic. Suara rakyat diperjualbelikan seperti ikan dipasar dan dipenuhi politik transaksional. Lebih parahnya akan ada kerusakan sosial setelah pemilu itu berlangsung, Banyak caleg yang meminta pemberiannya kembali

yang beresiko pada ketimpangan hubungan sosial kemasyarakatan”, ungkap Achmad Subhi mengenai karya berjudul Jamban itu.

Mereka meraih hadiah berupa tur ke kantor YouTube Amerika Serikat dan uang tunai senilai Rp 40 juta.

Sementara pemenang kedua adalah Video berjudul “Pemenang Pemilu Sudah Ketahuan” karya Anggi Kurniawan. Anggi merupakan seorang editor TV yang bekerja di salah satu

Production House Nasional. Ia kini menetap di Aceh untuk menjalani kesibukannya sebagai pembuat film layar lebar.

Aceh yang memiliki sensor ganda untuk urusan memutar film di ruang publik, justru menjadi tantangan tersendiri baginya, agar film Aceh mempunyai nilai jual dan karakter yang khas.

“Momen pemilu ini saya rasa sangat tepat. Melalui film ini diharapkan, seolah Aceh yang merupakan kakak kandung negara Indonesia, menyampaikan pesan nasehat agar jernih dalam memilih, tidak meributkan hal yang tidak penting,” ungkap Anggi. Dia meraih hadiah uang tunai Rp 25 juta.

Sedang Juara Favorit adalah Video berjudul “Silahkan Memilih” karya Dody Oktavian.  Video ini berhasil mendapatkan hasil vote terbanyak yaitu 315 likes. Dody yang bekerja sebagai seorang creative content di salah satu perusahaan startup lokal membuat karya yang dinilai dekat dengan keseharian masyarakat.  Dia meraih hadiah sebesar Rp 15 juta.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version