Kompetisi Wirausaha Antar Pelajar Dorong Siswa Kelola Usaha Mikro

Para peserta Kegiatan Regional Student Company Competition 2019. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Dalam upaya mendukung program pemerintah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang  handal Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia (Citibank) dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) menggelar kompetisi kewirausahaan untuk pelajar SMA dan SMK di Jakarta.

Kegiatan Regional Student Company Competition 2019 ini bertujuan untuk mendorong para siswa memiliki keterampilan dalam mengelola usaha mikro. Robert Gardiner, Co Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia mengatakan dalam Student Company, para pelajar berkesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana mengoperasikan sebuah bisnis.

“Dikesempatan ini, mereka tidak hanya menyusun strategi bisnis tetapi juga dapat merasakan dan memahami secara langsung dinamika perusahaan dan berbagai risiko yang terjadi dari setiap keputusan bisnis. Masing-masing individu juga memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi diri mereka dalam berwirausaha. Dengan demikian, para pelajar memiliki wawasan bisnis yang lebih komprehensif dan menjadi lebih siap untuk membuka bisnis baru di masa depan,” ungkap Robert dalam keterangan pers Senin (15/7/2019).

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan pencapaian usaha serta memamerkan produk inovasi dari bisnis mikro yang dijalankan di sekolah. Kedelapan sekolah tersebut, antara lain SMAN 35 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, SMKN 5 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 38 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, dan SMK Bina Informatika.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan generasi muda perlu diberikan wadah untuk mengasah minat berwirausaha, mengembangkan kreativitas yang dimiliki, sekaligus melatih kepekaan menangkap peluang. Melalui pembelajaran praktis, mereka dapat memahami tantangan serta risiko bisnis secara konkret. Kondisi demikian akan memperkaya wawasan para pelajar dalam mengembangkan strategi bisnis sekaligus menstimulasi insting dalam berwirausaha.

“Yang jelas, ini merupakan wujud komitmen Citi Indonesia untuk memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda atau kami sebut youth economic opportunities serta mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama yang diinisiasi oleh generasi muda. Upaya yang kami lakukan ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang terkait dengan generasi muda,” katanya.

Dukungan senada juga diutarakan President Director and CEO AIG Indonesia Robert Logie pihaknya senang menjadi bagian dari program ini, yang memberikan generasi muda pengetahuan serta pengalaman yang dapat membuka potensi mereka. Memiliki pengalaman berwirausaha sangat dihargai oleh pengusaha dan penting saat mereka memutuskan untuk membangun usaha mereka sendiri.

“Oleh karenanya,  di AIG Indonesia, kami memiliki profesional muda yang mengoptimalkan keterampilan kewirausahaan mereka dalam mengembangkan ide, membuat keputusan, dan mencapai tujuan bisnis,” jelas Robie.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi Student Company (Perusahaan Siswa) yang digagas untuk mendorong kemampuan bisnis generasi muda. Para pelajar telah dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah selama enam hingga delapan bulan. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Para pengusaha muda ini juga mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis.

Anastasia Putri Arindra, pelajar SMKN 27 Jakarta yang menjadi President Director Alta SC menuturkan bahwa dirinya memiliki wawasan baru mengenai wirausaha dari program Student Company.

“Setiap strategi yang diaplikasikan dapat memberikan pengaruh pada operasional perusahaan secara keseluruhan. Walau tidak semudah saat perencanaan awal, ternyata menjalankan bisnis itu menyenangkan. Student Company mengajarkan saya dan teman-teman untuk selalu berpikir kritis dan berani mengambil risiko,” tutur Anastasia.

Kedelapan sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Jakarta’ dalam kompetisi ini. Dua sekolah terbaik akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version