Konsumen Indonesia Kerap Belanja Rp 3,9 Juta di E-commerce

Shopback gelar ShopFestival bersama sejumlah e-commerce di Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Rata-rata konsumen Indonesia berbelanja Rp 3,9 juta di e-commerce sejak awal tahun ini. Bahkan, sekitar 70% responden berencana untuk menghabiskan dana lebih banyak dibanding tahun lalu. Besaran konsumsi masyarakat Indonesia yang berbelanja di e-commerce itu mengacu pada data hasil survey dari ShopBack. Startup kurator gaya hidup ini juga melakukan survei terhadap 5.003 responden di lima kota. Hasil riset itu menunjukkan, mayoritas konsumen mengalokasikan dana lebih banyak untuk berbelanja pada 2019.

“Sepanjang tahun lalu, rata-rata konsumen Indonesia berbelanja Rp 2,2 juta. Kalau dibandingkan dengan akhir tahun lalu, ada kenaikan 76%,” kata Yolanda Margaretha Head of Partnerships ShopBack dalam keterangannya, Jumat (23/8/2019) di Jakarta.

ShopBack pun memperkirakan transaksi di e-commerce Indonesia sepanjang Juli-Desember tumbuh dua kali lipat dibanding paruh pertama tahun ini. Proyeksi ini mengacu pada pertumbuhan tahun lalu.

Untuk itu, startup asal Singapura ini mengadakan pesta belanja online yang diberi nama ShopFest sejak September-Desember 2019. Festival ini dilakukan empat kali setiap bulannya yakni 9 September (9.9), 10 Oktober (10.10), 11 November (11.11), dan 12 Desember. ShopBack menargetkan lebih dari 8 juta konsumen unik atau per individu berpartisipasi dalam acara ShopFest ini.

Untuk festival tersebut ShopBack menggandeng 100 e-commerce untuk menyelenggarakan acara ini. Yolanda optimistis, pesta diskon tersebut akan menarik banyak pengguna. Apalagi, ShopBack mencatat transaksi naik 1,5 kali lipat dibanding hari biasa pada 9.9 sebelumnya. Begitu pun pada 10.10, biasanya pesanan meningkat sampai dua kali lipat. Pesanan pada 11.11 biasanya naik tiga kali lipat dibanding hari biasa.

Kemudian, pada hari belanja online nasional (Harbolnas), transaksinya bisa meningkat sampai 3,5 kali lipat. Adapun e-commerce yang paling banyak dipilih konsumen melalui ShopBack adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan Blibli. Mayoritas pengguna berminat belanja secara online karena ada promo berupa uang kembali (cashback). Lalu, sisanya didorong oleh diskon dan hadiah.

STEVY WIDIA

Exit mobile version