Konsumsi Busana, Termasuk Fesyen Muslim Melonjak Pada Masa Ramadan

Tokopedia Ramadan in Style

Kampanye Tokopedia Ramadan in Style 2023. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Data Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal-kuartal berlangsungnya Ramadan. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) pun mengatakan permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30% pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021.

Peningkatan akan bisnis fashion ini juga ditunjukkan oleh data Tokopedia.

“Di Tokopedia, selama Ramadan 2022, Fesyen (termasuk Fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi,” kata Aldhy Darmayo Category Development Senior Lead Tokopedia pada jumpa pers, Jumat (31/3/2023).

Aldhy mengungkapkan, memasuki awal Ramadan 2023, tren belanja produk fashion muslim di Tokopedia menunjukkan peningkatan pesat.

“Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu. Berbagai produk fashion muslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia. Blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5x lipat, baju koko 3,5x lipat dan baju muslim keluarga 4x lipat,” paparnya.

Menurut Aldhy, berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia terlihat adanya peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion muslim selama awal Ramadan 2023 di Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.

Peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk fesyen muslim di awal Ramadan 2023 terjadi di Banyuwangi (Jawa Timur), Serang (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), Makassar (Sulawesi Selatan) hingga Medan (Sumatera Utara) dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Sedangkan Banyuwangi (Jawa Timur), Subang (Jawa Barat), Balikpapan (Kalimantan Timur), Bandar Lampung (Lampung) dan Makassar (Sulawesi Selatan) menjadi wilayah dengan peningkatan transaksi produk fashion muslim tertinggi dengan rata-rata peningkatan 2 kali lipat.

Untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion khususnya fashion muslim, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fashion muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien karena ada diskon hingga 99%, flash sale mulai dari Rp1.000 dan cashback sampai Rp300 ribu. Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan untuk duafa, anak yatim dan piatu.

Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan, contohnya Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.

CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil mengatakan, brand ZM Zaskia Mecca bergabung di Tokopedia pada 2017. “Kami sangat terbantu oleh kampanye dan fitur dari Tokopedia. Eksposur dan penjualan makin meningkat. Kami bahkan bisa mendapatkan ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadan lewat Tokopedia,” ungkapnya.

“Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, ZM Zaskia Mecca akan meluncurkan koleksi ‘Romansa Khatulistiwa’ edisi Melati. Warna putih bunga melati menggambarkan kesucian yang selaras dengan Ramadhan. Koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 3 April 2023, dan terdiri dari blus, dress, tunik dan scarf,” jelas Haykal.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version