Kontrak Promo Pariwisata di Al Jazeera $ 1,2 Juta

Wisata-Indonesia

Didukung Ekosistem Terintegrasi, tiket.com Siap Ambil Pangsa Pasar Wisatawan (foto : ilustrasi)

youngster.id - Kementerian Pariwisata menanda tangani kontrak dengan Media Representative Al Jazeera senilai 1,2 juta dolar AS untuk 7884 slot iklan pariwisata pada TV Aljazeera yang ditayangkan mulai 20 Mei hingga akhir Desember mendatang.

Kerjasama tersebut merupakan bagian dari promosi pariwisata di Qatar dan Timur Tengah serta dalam rangka perayaan peringatan ke-40 hubungan diplomatik RI-Qatar.

Kerja sama selain pemasangan iklan pariwisata Indonesia, juga mencakup pelatihan dan capacity building strategi promosi melalui media elektronik, kata Boy Dharmawan Counsellor KBRI Doha, dilansir Antara, Senin (16/5/2016).

Kerjasama dengan TV Aljazera merupakan tindak lanjut dari pertemuan Dubes Sidehabi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya awal Mei lalu guna mempromosikan pariwisata di Qatar termasuk kerjasama Kemenpar dengan TV Aljazeera dan Qatar Airways (QA) serta promosi kuliner Nusantara dengan memperbanyak restoran dan toko Indonesia di Qatar.

Dipilihnya Aljazeera, karena memiliki pangsa penonton terbesar di Timur Tengah. TV yang berdiri tahun 1996 dianggap fenomenal di Timur Tengah, dan negara lain, termasuk Indonesia. Al Jazeera menyajikan alternatif informasi yang diminati di Timur Tengah dibanding media utama dunia seperti CNN, Fox, NBC khususnya jika meliput berita di Timur Tengah.

Dubes RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi, melakukan pertemuan dengan Kepala Bidang Media Elektronik Asdep Pengembangan Iklan Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Agustini Rahayu setelah bertemu dengan Ads Sales Director, TV Aljazeera Media Network, Moussa Nuseibeh didampingi Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Anwar Lukman Hakim.

Menurut Nuseibeh pemirsa Aljazeera diperkirakan sekitar 50 juta di Timur Tengah dan sekitar 100 juta di seluruh dunia. Sebuah penelitian menyebutkan 80 persen warga Timur Tengah menyukai Al Jazeera dibanding TV pemerintahnya (20 persen). Sejak Maret 2006 Aljazeera Network menjelma menjadi media dunia yang meliputi berbagai saluran berbahasa Arab, Inggris, dokumenter, olah raga, dan Al Jazeera Mobile.

Disampaikan Aljazeera English memiliki agenda yang menjembatani keragaman antar budaya yang disiarkan dari Doha, Kuala Lumpur, London, dan Washington DC. Al Jazeera melebarkan sayap ke Bosnia, Pakistan, Turki, India, China, dan Rusia.

Menurut Sidehabi, kerjasama tersebut merupakan bagian dari promosi pariwisata di Qatar dan Timur Tengah serta dalam rangka perayaan peringatan ke-40 hubungan diplomatik RI-Qatar. Kerjasama yang merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Qatar September tahun lalu. Mantan Irjen TNI tersebut berupaya memanfaatkan peluang dari kebijakan look east policy dimana Qatar memfokuskan pada potensi ekonomi dan pariwisata negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Mantan Anggota DPR tersebut menjelaskan dari 2,56 juta penduduk Qatar, warga asli Qatar hanya sekitar 17 persen. Sisanya merupakan ekspatriat asing yang memiliki daya beli tinggi dan kerap melakukan kunjungan wisata ke manca negara. Potensi pariwisata Indonesia menjadi incaran Qatar Airways. Kepala Civil Aviation Authority (CAA) Qatar, Abdullah Nasser Turki Al Subaey berkunjung ke Indonesia untuk meminta tambahan penerbangan Qatar Airways ke Medan, Batam dan Manado guna meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia.

Saat ini frekuensi penerbangan QA hanya ke Jakarta sebanyak 21 penerbangan seminggu, Denpasar 14 seminggu. Sedangkan penerbangan ke Surabaya tujuh kali seminggu dalam proses realisasi. Komunitas Ekonomi ASEAN yang ditandatangani pada 31 Desember 2015, menjadikan pasar Indonesia sangat atraktif dan menjanjikan sebagai hubbagi pasar ASEAN, dan QA ingin menjadikan Batam sebagai pusat logistik kargo untuk merambah pasar ASEAN.

 

MARCIA AUDITA

Editor : Stevy Widia

Exit mobile version