Kopi Kenangan Siap Ekspansi Ke Kawasan ASEAN

Kopi Kenangan Siap Ekspansi Ke Kawasan ASEAN 1

Edward Tirtanata dan James Prananto, founders Kopi Kenangan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bisnis kedai kopi tengah berkembang pesat di Indonesia. Salah satu gerai yang berhasil tumbuh dengan cepat adalah Kopi Kenangan. Sukses di Indonesia, gerai kopi ini berencana ekspansi ke Asia Tenggara di tahun ini.

CEO dan Co-founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan, pihaknya memiliki rencana untuk ekspansikan usahanya ke Asia Tenggara di tahun ini. Untuk lokasi pihaknya tengah mencari negara yang paling cocok untuk ekspansi.

“Ekspansi ke wilayah Asia Tenggara karena memiliki potensi yang cukup besar dan sesuai dengan visi perusahaan menguasai pasar kopi Asia Tenggara. Kami ingin secara perlahan, jadi pemain lokal yang champions [juara] di ASEAN,” ucap Edward baru-baru ini.

Untuk merealisasikan itu, Kopi Kenangan, akan mencari pendanaan baru. Dia juga mengatakan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mengubah nama atau rebranding agar mereknya bisa lebih diterima secara internasional.

Dengan konsep gerai grab and go, Kopi Kenangan hadir pertama pada 2017 di Jakarta. Kemudian, bisnis rintisan ini telah mengantongi dua kali pendanaan dari modal ventura. Pertama, pada Oktober 2018 melalui seed funding (pendanaan tahap awal) senilai Rp120 miliar dari Alpha JWC Ventures. Selanjutnya, pada 2019, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan seri A sebesar US$ 20 juta atau setara Rp 280 miliar. Pendanaan dipimpin oleh Sequoia India dengan beberapa investor lain yang berpartisipasi termasuk rapper Jay-Z dan petenis Serena Williams.

Saat ini, Kopi Kenangan sudah memiliki 250 gerai. Edward pun menargetkan bisa memperbanyak jumlah gerai hingga 650 gerai pada tahun ini. Dia berharap Kopi Kenangan bisa memiliki 1.200 gerai di tahun 2021. Dan tahun berikut mereka akan melantai di bursa pada 2022.

STEVY WIDIA

Exit mobile version