KPPU-Kadin Bersinergi Lindungi UMKM Dari Kecurangan

UMKM pengrajin sepatu di CIomas , Kabupaten Bogor. (Foto: bogorkab.go.id/Youngsters.id)

youngster.id - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bersinergi untuk melindungi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) terutama dari tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum perusahaan skala besar. Dan mendorong supaya kerja sama kemitraan antara pelaku usaha skala besar dengan UMKM bisa berjalan lebih adil di berbagai sektor.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa selama ini pelaku usaha UMKM sering kali dirugikan oleh perilaku perusahaan tertentu skala besar dalam menjalankan kerja sama antara dua pihak.

“Di KPPU, yang selama ini kami temukan adalah, pada saat UMKM bermitra dengan mitra yang besar, biasanya itu tidak diikat dengan perjanjian, atau jika ada perjanjian cenderung merugikan UMKM,” katanya belum lama ini.

Pihaknya bersama Kadin akan mendorong supaya kerja sama kemitraan antara pelaku usaha skala besar dengan UMKM bisa berjalan lebih adil di berbagai sektor, seperti sektor komoditas pangan maupun sektor bisnis lain.

Baca juga :   MEA Berdampak Positif Bagi Pengusaha Lokal

KPPU terus berupaya untuk mendukung rencana besar pemerintah, khususnya mendorong pemerataan ekonomi dan mengurangi ketimpangan antara pelaku usaha besar dengan pelaku usaha kecil.

Nantinya, kesepakatan antara KPPU dan Kadin tersebut akan dituangkan dalam skema kerja sama berkelanjutan.

“Ke depannya, bagaimana mendorong pelaku usaha kecil dan besar untuk bisa tumbuh bersama dalam situasi ekonomi Indonesia yang semakin membaik,” ujar Syarkawi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum Kewirausahaan Kadin Zainal Bintang mengatakan bahwa Kadin pun ingin memberi perlindungan kepada pengusaha UMKM, dengan menggandengan KPPU.

“Kami ingin melindungi pengusaha UMKM, karena kami berpendapat UMKM merupakan komunitas ekonomi yang berbasis ekonomi kerakyatan dan menjadi pilar ekonomi nasional,” katanya.

Ia menilai beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus dalam mengembangkan UMKM adalah adanya pengembangan produk unggulan yang berdaya saing dan dapat meningkatkan kesejahteraan, serta UMKM saat ini tidak hanya berkembang dari sisi jumlah namun mampu memberikan dampak terhadap ekonomi daerah dan secara mikro meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga :   Jaga Stabilitas Sosial KUMKM Harus Diberdayakan

Selain itu, katanya, perlunya mewujudkan UMKM yang memiliki daya saing, yang dapat mengatasi permasalahan penciptaan lapangan kerja dan perlu adanya keberpihakan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas SDM, akses pasar, modal, dan keterampilan usaha.

STEVY WIDIA