youngster.id - Meningkatkan interaksi, mudah dimengerti, dan memiliki daya tarik yang kuat merupakan tiga dari banyak keunggulan yang ditawarkan oleh konten visual. Tidak hanya menjadi penghias, elemen seperti warna, ilustrasi ataupun bentuk yang dimiliki konten infografis, meme, foto hingga video, menjadi aspek yang mendukung sebuah pesan tersampaikan secara efektif dan efisien.
Fungsi visualisasi pada sebuah konten kerap diperhitungkan karena potensi kuat yang dimiliki, serta beragam peluang yang dihadirkan. Selain menjadi sarana pemasaran, konten visual menghadirkan banyak kesempatan yang seringkali dimanfaatkan oleh konten kreator untuk meningkatkan antusiasme melalui sosial media, menambah penghasilan dengan cara review dan spill produk hingga memperkuat interaksi dengan audiens melalui video pendek atau live shopping.
Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan, konten visual menjadi salah satu bukti nyata bahwa kemajuan teknologi telah menghadirkan sebuah medium yang tidak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga ruang berkreasi dan peluang baru.
“Di Shopee, semua yang kami lakukan didasari oleh komitmen untuk membantu pengguna memenuhi segala preferensi kebutuhan dengan rangkaian program menarik maupun pilihan produk yang lengkap dan berkualitas dari berbagai kategori. Kebutuhan ini tidak hanya meliputi produk yang mendukung aktivitas sehari-hari pengguna, tetapi juga wadah yang dapat menunjang hobi serta kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menggali potensi dan menciptakan peluangnya, baik bagi pengguna, konten kreator hingga pelaku usaha,” kata Daniel dalam BincangShopee 6.6 Mega Elektronik Sale: Daya Tarik Kreasi Konten Visual, Rabu (31/5/2023).
Acara yang menjadi bagian dari kemeriahan kampanye 6.6 Mega Elektronik Sale, bertujuan untuk membahas bagaimana cara berkomunikasi melalui konten visual dan memanfaatkan potensi serta peluang yang dihadirkan.
Pada kesempatan itu, Seleb dan Tech Influencer Dhiarcom mengatakan, saat ini bukan hanya jenis konten saja yang berkembang, tetapi mulai dari kemudahan akses terhadap variasi pilihan produk elektronik yang dapat digunakan untuk menekuni profesi ini hingga program dan fitur yang dihadirkan.
“Salah satunya seperti Shopee Affiliate Program itu memberikan kesempatan lebih besar untuk mengawali langkah dan meningkatkan daya tarik melalui keterlibatan dengan audiens,” katanya.
Dhiarcom telah menekuni profesi ini pada tahun 2009, dimana saat itu kemajuan teknologi dan perkembangan sosial media belum se-masif saat ini. Dia pun berbagi sejumlah tips bagi mereka yang ingin menekuni profesio sebagai kreator.
“Di era modern seperti sekarang, semua orang dapat membuat dan mengunggah konten dengan mudah. Hanya perlu smartphone dan koneksi internet. Maka itu, memiliki niche atau DNA yang membedakan konten-mu dari jutaan content creator di luar sana sangatlah penting,” ucap Dhiarcom.
Dia juga menekankan, penting untuk menciptakan konten yang sesuai dengan keahlian atau minat agar dapat memberikan nilai tambah kepada audiens. Dengan fokus pada topik atau bidang yang dikuasai, kamu dapat menawarkan wawasan yang berharga dan mengikuti perkembangan serta tren terkini dalam bidang tersebut dengan lebih mudah.
“Ini juga memungkinkan kamu untuk menciptakan konten yang relevan dan bermutu, sehingga audiens bisa mengandalkan kontenmu sebagai sumber informasi yang terpercaya,” ujarnya.
Konsistensi dalam menghasilkan konten juga merupakan faktor penting karena dapat membantu membangun ekspektasi, kepercayaan, dan hubungan jangka panjang dengan audiens. Tidak hanya konsisten, penting juga untuk terus meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan.
“Industri kreasi konten terus berkembang dengan cepat, dan audiens memiliki harapan yang semakin tinggi terhadap konten yang mereka konsumsi. Untuk tetap relevan dan menarik, penting untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan karya yang berkualitas,” pungkasnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post