Kreator “Fin Komodo” Peroleh BJ Habibie Award

Ibnu Susio dan Fin Komodo. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Kreator kendaraan roda empat “off road” Fin Komodo Ibnu Susilo dianugerahi Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award (BJHTA) 2017. Inovasinya dinilai yang memiliki dampak langsung ke masyarakat.

“BJ Habibie Technology Award diberikan pada seorang inovator, bukan inventor, bukan penemuan saja tapi inovasi yang penemuannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Unggul Priyanto Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto dalam konferensi pers Selasa (15/8/2017) di Jakarta.

Dia mengatakan BJHTA dianugrahkan pada seseorang yang berjasa besar dalam bidang inovasi dan teknologi yang memiliki dampak cukup besar secara nasional.

Ibnu menjelaskan Fin Komodo merupakan kendaraan off road roda empat yang bisa digunakan untuk menyambung akses di daerah-daerah Indonesia yang belum memiliki infrastruktur memadai.

Kendaraan Fin Komodo, kata dia, memiliki desain single platform yang bisa dimodifikasi untuk berbagai misi operasi, khususnya pada daerah tertinggal; pedesaan; perkebunan; kehutanan; pertambangan; misi kesehatan, dan TNI/Polri.

Menurut Ibnu, kendaraan yang mulai diriset sejak 2005 ini 100 persen buatan Indonesia mulai dari riset, material, produksi, sampai pemasaran.

Baca juga :   Blibli Luncurkan Proyek Kolaborasi Antar-UMKM

Ibnu yang merupakan salah satu perancang pesawat terbang N250 di IPTN Bandung tersebut mengatakan Fin Komodo saat ini sudah diproduksi dan dijual ke berbagai daerah seluruh Indonesia, bahkan ekspor ke Afrika dan Malaysia.

STEVY WIDIA