youngster.id - Penggunaan platform digital yang terus bertambah di masa pandemi ini membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi kreator dan membagikan karya atau kontennya di platform digital. Potensi kreator konten sebagai pekerjaan profesional juga mulai menarik perhatian pengguna platform digital.
Meningkatnya penggunaan platform digital ini tercermin pada data We Are Social 2021 yang menyebut, pengguna sosial media di Indonesia bertambah 6.3% jika dibandingkan dengan Jan 2020 dan setidaknya lebih dari 90% secara aktif terhubung dan memberikan kontribusi di sosial media dan platform digital.
Pengembangan potensi kreator ini menjadi salah satu fokus program TikTok #SamaSamaBelajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan dan akses yang sama kepada setiap orang untuk belajar dan menginspirasi hal-hal baru. Upaya pengembangan potensi bagi kreator ini diwujudkan dalam bentuk TikTok Class, sebuah pelatihan bagi siapapun yang ingin membuat konten kreatif dan edukatif di TikTok.
“Konsistensi dalam membagikan konten dan mempertahankan ciri khas konten menjadi salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan kreator di TikTok. Kami juga mendorong kreator untuk meningkatkan kualitas kontennya sehingga dapat memberikan inspirasi dan dampak positif yang lebih luas dan besar bagi pengguna lain” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia dalam keterangan pers, Sabtu (19/6/2021).
Menurut dia, untuk menumbuhkan semangat berbagi konten yang inspiratif dan juga berkualitas pada generasi muda, TikTok juga mengadakan TikTok University Week yang akan dilaksanakan segera di 8 kota di Indonesia dengan menghadirkan top kreator edukasi TikTok sebagai salah satu pembicara untuk saling berbagi inspirasi dan tips dalam membuat konten edukasi yang menarik dan kreatif.
“Oleh karena itu, kami berharap program pelatihan TikTok Class dan TikTok University Week yang ditujukan untuk kreator ini dapat memberikan manfaat bagi kreator yang ingin meningkatkan skill dan menjadi kreator profesional.”
Sementara itu, Joeden, Head of Partnership & Development StarHits, Multi-Channel Network mengungkapkan, belajar dan bekerja dari rumah membuat kegiatan offline harus shifting ke kegiatan online yang akhirnya menghadirkan tren dalam pembuatan konten termasuk video singkat. Hal ini juga menjadi salah satu faktor hadirnya kreator-kreator baru di dunia digital
“Kreator dan kategori konten yang beragam juga membuat brand memiliki lebih banyak variasi dalam berkolaborasi dengan kreator untuk mengamplifikasikan strategi pemasarannya di platform digital,”kata Joeden.
Dia juga memaparkan kemunculan kreator-kreator baru ini membuat persaingan semakin ketat, oleh karena itu kreator dituntut untuk menciptakan kreativitas baru, konten yang orisinil dan konsistensi pada konten yang disajikan.
“Kreativitas baru ini mengubah tren konten yang sebelumnya lebih banyak fokus pada entertaining content dan menggunakan format video panjang menjadi konten yang informatif seperti tips dan dan tutorial dalam format video pendek. Tetapi meskipun persaingan cukup ketat, para kreator juga cenderung lebih senang untuk saling berkolaborasi dan mendukung kontennya satu sama lain,” ungkapnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post