Kredit UMI Siap Disalurkan Mei 2017

Kredit Usaha Rakyat (KUR) disalurkan melalui perbankan pemerintah. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Kementerian Koperasi dan UKM memastikan kesiapan penyaluran Kredit Ultra Mikro (UMI) ke koperasi bisa dilakukan awal Mei ini.

Kredit UMI ini digagas oleh Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM serta Kementerian Komunikasi dan Informasi. Pembiayaan UMI dengan pinjaman maksimal Rp 10 juta kepada koperasi dan UKM (KUKM).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, pada tahap awal penyaluran ke koperasi akan memberi bunga 2% per tahun. Nantinya koperasi menyalurkan dana tersebut ke anggota dengan bunga sesuai kebijakan pengurus.

“Namun diharapkan tidak terlalu tinggi,” kata Puspayoga dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Untuk memajukan program ini, Kemenkop dan UKM sendiri telah melakukan tandatangan kesepakatan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) dan Pengurus Pusat (PP) Muhamadiyah yang memiliki unit usaha koperasi dan BMT.

Puspayoga juga mengatakan, Kredit UMI akan melengkapi Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR dapat dimanfaatkan masyarakat dengan suku bunga 9 % tanpa jaminan untuk pinjaman maksimal Rp 25 juta, sedangkan pinjaman di atas Rp 25 hingga Rp 500 juta dibutuhkan jaminan.

Baca juga :   TCash Mendukung Ujicoba Penyaluran Pembiayaan Kredit UMi

Sementara untuk UKM yang berorientasi ekspor, pemerintah menyediakan KURBE dari Lembaga Pengembangan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan suku bunga 9 %. Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing produk UKM di pasar internasional.

“Semua itu dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi namun tidak melupakan pemerataan terutama bagi pengusaha kecil dan koperasi,” ujar dia.

Menurut Menkop UKM itu, semua program pemerintah tersebut dilakukan secara terintegrasi bersama sejumlah kementerian yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Keuangan dan Kemenkop dan UKM.

STEVY WIDIA