youngster.id - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan kembali digelar. Untuk mendukung hal itu, Kredivo akan menghadirkan opsi pembayaran berkala dengan bunga 0% untuk tenor 3 dan 6 bulan. Kemudahan akses keuangan ini diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat saat pandemi.
“Melalui program cicilan 0% dengan tenor 3 & 6 bulan ini, diharapkan dapat menjadi stimulus bagi roda perekonomian Indonesia, terlebih mengingat Harbolnas menjadi salah satu momentum dengan jumlah transaksi terbesar di e-commerce sepanjang tahun. Lebih lanjut, selain memberikan kemudahan bagi konsumen, program ini juga bertujuan untuk membantu merchant dalam meningkatkan rata – rata nilai pembelian,” kata Lily Suriani General Manager Kredivo dalam keterangannya, Kamis (8/10/2020).
Guna memaksimalkan dampak dari program ini, masyarakat dapat memanfaatkan opsi pembayaran berkala dari fintech lending ini saat festival belanja pada 9-11 Oktober, 10-12 November, dan 11-13 Desember 2020.
Riset Kredivo dan Katadata Insight Center yang bertajuk “Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia”, menunjukkan bahwa Harbolnas dan festival belanja tanggal kembar yaitu 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12 merupakan empat hari tersibuk belanja online sepanjang 2019, dengan lonjakan jumlah transaksi sebesar 2-5 kali lipat dari hari biasa.
Program ini juga dilakukan mengingat hasil riset itu menunjukkan puncak pertumbuhan transaksi tertinggi di e-commerce selama 2019 terjadi pada kuartal terakhir, yang didorong oleh festival belanja online nasional 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12. Bahkan, pada 12 Desember 2019, peningkatan jumlah transaksi mencapai 530% dari jumlah transaksi rata-rata harian. Menariknya, nilai transaksi pada tanggal-tanggal tersebut tidak melonjak sebesar jumlah transaksi karena terdapat diskon – diskon besar. Hal ini menunjukkan perilaku belanja konsumen yang masih sangat dipengaruhi oleh diskon dan promosi lainnya.
Meski demikian, sebagai platform lending yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kredivo senantiasa terus berupaya untuk mengimbangi akses keuangan dengan edukasi keuangan bagi masyarakat.
“Selain memberikan kemudahan pembayaran dengan bunga yang rendah dalam berbelanja online, prinsip responsible lending senantiasa kami terapkan guna membuat konsumen tetap bijak dalam berbelanja. Didukung oleh pondasi bisnis yang kuat serta telah menggandeng lebih dari 1000 merchant, Kredivo berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi lainnya demi mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional bersama pemerintah,” tutup Lily.
Konsumen dapat memanfaatkan inisiatif cicilan 0% ini setiap bulannya sebanyak 1 kali, dengan minimum transaksi sebesar satu juta rupiah di seluruh merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo.
STEVY WIDIA
Discussion about this post