Langkah-langkah Efektif Tanggulangi Ransomware

youngster.id - Menerapkan solusi keamanan berlapis yang tepat adalah salah satu langkah untuk menghindarkan serta mencegah agar tidak menjadi korban kejahatan cyber, Ransomware.

Ada banyak upaya untuk menerobos ke sistem perusahaan, membuat epidemi ransomware serta upaya pemerasan siber. Untuk itu setiap organisasi dan masing-masing individu dituntut untuk selalu sigap dan membekali diri juga karyawan mereka dengan wawasan yang lengkap terkait keamanan dan perilaku menggunakan Internet yang aman.

Dalam rangka mitigasi dan meminimalisasi risiko akibat ancaman ransomware, Trend Micro merekomendasikan empat lapis perlindungan dan keamanan berikut ini:

  1. Proteksi email dan web – memungkinkan pencegahan ransomware bahkan sebelum mereka berhasil mendarat – baik itu melalui phishing email atau website jahat. Trend Micro™ Deep Discovery™ Email Inspector bekerja di gateway email perusahaan untuk memblokir setiap spear phishing emails dan lampiran email berbahaya, berkatkemampuannya melakukan analisis dan virtual analisis secara mendalam pada setiap email dan lampiran email maupun URL serta kemampuannya untuk mengendus script emulation maupun zero-day exploit secara real-time sehingga bisa mendeteksi kehadiran ransomware dan seluruh gerak-gerik aktivitasnya sejak dini.
  2. Endpoint – sejumlah ransomware ada kemungkinan masih bisa menerobos keamanan web/email gateway yang ada. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya menerapkan keamanan endpoint, seperti Trend Micro Smart Protection Suites yang dilengkapi dengan kapabilitas untuk memonitor setiap gerak-gerik mencurigakan, bisa menerapkan whitelists aplikasi dan telah dilengkapi dengan tameng dari ancaman akibat vulnerability
    untuk melindungi sistem dari ancaman ransomware yang biasanya memanfaatkan celah-celah kerentanan yang belum tersedia tambalannya.

  3. Network – Ransomware memanfaatkan jalan masuk melalui jaringan dan selanjutnya menyebar ke segala penjuru melalui protokol jaringan yang lain. Untuk itulah IT perlu menerapkan sistem keamanan jaringan, seperti Trend Micro™ Deep Discovery™ Inspector yang telah dibekali dengan kapabilitas untuk melakukan pendeteksian di seluruh lalu-lintas, porta, serta di protokol dan ampuh untuk menghentikan seluruh upaya
    infiltrasi dan penyebaran jauh sebelum mereka berhasil mendekat.

  4. Server – Server merupakan bagian kritikal bagi IT perusahaan karena hampir semua data penting terdapat di situ. Penjahat siber getol memanfaatkan celah-celah kerentanan yang terbuka yang biasa mereka jadikan sebagai lubang untuk membidikkan ransomware. Untuk itulah, IT wajib memastikan terlindunginya setiap celah kerentanan yang terbuka yang belum tersedia tambalannya dari segala ancaman ransomware melalui virtual patching. Trend Micro™ Deep Security™ menjadi pilihan tepat karena kepiawaiannya untuk memonitor setiap gerakan lateral di sistem dan integritas file, serta mampu melindungi server, baik itu server fisik, virtual, maupun yang terletak di cloud dari segala ancaman ransomware berkat kepiawaiannya untuk mendeteksi setiap gerak-gerik mencurigakan dan kemudian mencegahnya lebih lanjut, serta menyediakan tameng untuk melindunginya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version