youngster.id - Sebagai wujud komitmennya dalam mendukung transformasi digital UMKM lokal yang turut mendorong pergerakan roda perekonomian Tanah Air, Lazada membekali para #PahlawanEkonomiDigital Indonesia agar menjadi seller tangguh.
Hasil studi Lazada di kuartal keempat tahun 2020 menunjukkan 13% usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia sudah terdigitalisasi dan e-commerce memiliki peran besar dalam mendukung transformasi digital ini.
“Kami percaya bahwa UMKM di Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam hal sumber daya dan kreativitas. Kami terus memberikan dukungan kepada #PahlawanEkonomiDigital Indonesia khususnya yang berada di dalam ekosistem Lazada untuk terus dan semakin bertumbuh, dengan didukung oleh teknologi canggih dan kapabilitas kami di Lazada, terutama bagi mereka yang serius ingin mengembangkan skala usaha mereka, memperluas pangsa pasar, dan terus berinovasi agar dapat bersaing dan meraih kesuksesan,” ujar Haikal Bekti Anggoro, SVP, Traffic Operations & Seller Engagement, Lazada Indonesia.
Di bawah payung Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Indonesia, inisiatif Lazada untuk terus melindungi serta mendukung dan memberdayakan para #PahlawanEkonomiDigital Indonesia dilakukan dengan pendekatan holistik. Termasuk diantaranya berbagai dukungan program pelatihan yang telah berlangsung lama.
Untuk para UMKM lokal yang tergabung di Lazada, tersedia Lazada University, Komunitas #LazadaClub, Seller Conferences, Edutainment series, Webinar, LazStar Academy, dan program onboarding lainnya.
Setelah sebelumnya menjalankan program vaksinasi untuk para #PahlawanDigitalEkonomi, inisiatif Lazada untuk melakukan penutupan akses impor untuk tekstil & fesyen, kuliner, dan kerajinan di platform Lazada membawa Gerakan AKAR Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.
Nantinya dalam Gerakan AKAR Indonesia, Lazada bersama dengan pemerintah Indonesia akan mendigitalisasi sabuk industri yang membawahi para UMKM nasional untuk meningkatkan literasi digital mereka. Selain dari edukasi yang tersedia di Lazada University dan bimbingan strategi bisnis dari Laz Trainer, salah satu fitur dalam memberdayakan para penjual di Lazada adalah fitur Bisnis Analis di dasbor khusus penjual di Lazada, Seller Center.
Fitur ini dapat digunakan penjual untuk mengakses data dan insights komprehensif secara real-time dengan mudah guna menentukan strategi bisnis yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka.
Memiliki akses data komprehensif serta kemampuan literasi digital yang baik dapat membantu para UMKM meningkatkan skala usaha serta angka penjualan mereka.
STEVY WIDIA
Discussion about this post