youngster.id - Dalam gelaran Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2023 yang akan berlangsung selama tiga hari pada 10, 11, dan 12 Desember 2023, Lazada memberikan subsidi promo hingga 50% bagi pelaku usaha lokal di platform Lazada yang berpartisipasi. Dengan subsidi tersebut, pelanggan Lazada bisa mendapatkan promo hingga 80%, ditambah dengan gratis ongkos kirim dari Lazada.
CEO Lazada Indonesia James Chang mengatakan, dukungan penuh Lazada terhadap Harbolnas 2023 menjadi bentuk penguatan komitmen dalam mendukung peningkatan daya saing penjual produk lokal Indonesia.
“Kami berharap momentum Harbolnas bisa menjadi ajang bagi para penjual lokal untuk meningkatkan penjualan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia. Tentunya kami sudah sangat siap memberikan dukungan bagi para penjual lokal dalam festival belanja online terbesar di Indonesia ini melalui beragam program, fitur, dan teknologi yang kami miliki di platform Lazada,” kata James, Senin (27/11/2023).
Menurut James, pemberdayaan pelaku usaha lokal selalu menjadi fokus Lazada melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia. Gerakan yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu dan dijalankan melalui kerja sama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini berfokus pada peningkatan daya saing bisnis lokal Indonesia, peningkatan literasi ekonomi digital untuk konsumen, serta pengembangan infrastruktur ekonomi digital, khususnya infrastruktur logistik.
Untuk peningkatan kompetensi usaha lokal, berbagai pelatihan untuk pelaku usaha telah dan akan terus dilaksanakan Lazada. Tim trainer Lazada juga secara rutin menggelar pelatihan kepada insan vokasi, baik untuk guru maupun siswa, melalui Training of Trainer yang dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat beberapa waktu lalu.
Untuk brand lokal, Lazada telah mendukung pagelaran Jakarta Fashion Week (JFW) yang menampilkan desainer lokal berbakat dukungan Lazada selama empat tahun berturut-turut, sejak tahun 2019 hingga 2022. Lazada menampilkan karya-karya desainer dan brand lokal melalui fashion show di JFW dan menerapkan teknologi See Now Buy Now di platform Lazada untuk memudahkan pencinta fesyen untuk langsung membeli produk yang mereka lihat di fashion show yang disiarkan secara livestream.
Seluruh upaya ini menjadi bagian dari komitmen Lazada untuk terus mengembangkan pelaku usaha lokal dalam perekonomian digital.
“Kami akan terus memberikan dukungan kepada para pelaku usaha di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya di ekosistem Lazada, sesuai dengan misi kami untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi,” kata James.
Sementara itu, sebagai penyelenggara Harbolnas, idEA pun menyatakan optimismenya akan kesuksesan acara pesta diskon tahunan ini.
Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan, Harbolnas tahun ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya akan dilaksanakan selama tiga hari. Ini berarti kesempatan lebih besar bagi pelaku usaha untuk membuktikan kualitas produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.
“Penyelenggaraan Harbolnas 2023 menjadi salah satu bentuk komitmen industri eCommerce pada upaya mendorong peningkatan penjualan produk lokal. “Ada diskon khusus yang lebih besar kami siapkan untuk produk lokal,” kata Bima.
STEVY WIDIA
Discussion about this post