youngster.id - Lazada telah menggandeng 40.000 UKM di Indonesia melalui program #UpgradeUKM. Rencananya produk UKM mitra Lazada akan dipasarkan ke 6 negara dan juga Tiongkok.
Achmad Alkatiri Chief of Marketing Officer Lazada Indonesia mengatakan, Lazada ingin tumbuh bersama para pelaku UKM Indonesia. Saat ini Lazada sendiri sudah memiliki mitra dengan lebih 40.000 UKM di Indonesia.
Untuk itu Lazada terus akan mengajak pelaku UKM mengirimkan produknya ke gudang Lazada agar dapat didistribusikan ke gudang Lazada yang ada di Asia Tenggara.
“Tujuannya agar teman-teman UKM Indoensia dapat berjualan di enam negara Lazada (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam), tak hanya di Indonesia. Ini butuh persiapan yang panjang dan begitu komplek,” ungkap Achmad.
Sebelumnya pada tahun lalu Lazada tengah melakukan pilot project dengan menggandeng 20 UKM unggulan dari Badan Ekonomi Kreatif untuk memasarkan produk mereka di Malaysia. Hal ini juga didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia.
“Tantangan terbesar pelaku UKM berjualan ke luar negeri adalah ongkos yang besar. Dengan adanya fullfilment gudang di setiap negara ini memungkinkan. Insyaallah tahun depan UKM Indonesia melalui Lazada bisa berjualan di enam negara dan di Cina” kata Achmad.
Dia mengungkapkan pertumbuhan volume dan transaksi Lazada tumbuh double digit year to date.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post