Lima Kebiasaan Digital Sehat Yang Perlu Diterapkan Di Awal Tahun

keamanan siber

Cyber Signals: Ajang dan Arena Olahraga Alami Peningkatan Ancaman Siber (Foto: ilustrasi)

youngster.id - Awal tahun 2023 adalah waktu yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan digital yang sehat. Langkah ini dapat memperkuat keamanan data pribadi Anda bahkan membuat hidup lebih nyaman.

Berikut daftar kebiasaan digital sehat sederhana yang dapat diterapkan:

Kata Sandi Baru

Mulailah Tahun Baru dengan merevisi kata sandi yang tepat. Sekarang saatnya untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Dan ingat aturan utamanya – jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun!

Jika Anda seperti banyak orang dan memiliki beberapa akun online, solusi pengelola kata sandi yang andal akan sangat membantu. Pengelola kata sandi modern memiliki fitur yang sangat menyederhanakan hidup dengan kata sandi.

Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur isi otomatis untuk berbagai browser dan platform. Opsi praktis lainnya adalah pembuat kata sandi otomatis. Hasilnya, pengelola kata sandi akan membantu Anda menghasilkan kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun – dan Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama.

Berlangganan notifikasi tentang kebocoran data akun

Selain kebocoran data kata sandi yang lemah, ada ancaman lain bagi akun pribadi dan perusahaan. Sayangnya, pelanggaran data cukup sering terjadi, dan sulit untuk melacak semuanya. Jika detail akun Anda bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun.

Namun di tahun baru ini, Anda dapat mengatasinya dengan berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini dan apakah pelanggaran tersebut berisi data pribadi Anda. Pengelola kata sandi tingkat lanjut juga menyertakan fitur ini dan dengan cepat memberi tahu pengguna jika ada login atau kata sandi ditemukan dalam kebocoran data terbaru.

Butuh lebih banyak privasi, dapatkan VPN!

Sekarang berbagai manfaat VPN telah berkembang secara signifikan. Ini memungkinkan untuk berbelanja online dengan aman, menonton layanan streaming dari mana saja di dunia, atau mengakses konten lokal. Layanan VPN modern juga memberikan kecepatan lalu lintas online yang tinggi dan memungkinkan pengguna menonton konten bahkan dalam 4K tanpa penurunan kualitas atau penundaan.

Selain itu, menyembunyikan alamat IP Anda dari situs web dan pengiklan, memberikan privasi yang lebih baik. Pelacakan web dapat menyebabkan konsekuensi tidak terduga, misalnya, iklan bertarget dapat mengungkapkan hadiah yang Anda berikan untuk keluarga. Jangan biarkan pengiklan merusak perayaan Anda berikutnya!

Transfer dokumen ke tempat yang aman

Dengan berkembangnya layanan digital, pindaian dan versi elektronik dokumen sekarang digunakan sesering aslinya dalam bentuk kertas. Hal ini menimbulkan pertanyaan yang masuk akal – bagaimana cara menyimpan versi elektronik agar tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah? Buatlah folder di komputer Anda atau mengunggahnya ke cloud yang dilindungi kata sandi – tetapi kedua opsi ini berpotensi tidak aman dan dapat mengakibatkan hilangnya data pribadi.

Alternatif yang lebih aman adalah menyimpan dokumen di aplikasi pengelola kata sandi. Pengelola kata sandi modern mampu menyimpan lebih dari sekadar kata sandi atau data perbankan.

Sekarang ini adalah penyimpanan elektronik terenkripsi lengkap tempat Anda dapat mengunggah pindaian, PDF, dan dokumen penting lainnya. Ini juga dapat mencakup catatan medis dan alamat telepon, serta dokumentasi atau file apa pun yang terkait dengan pekerjaan dan bisnis.

Pada saat yang sama, layanan penyimpanan semacam itu dua kali lipat jauh lebih aman dibandingkan dengan lokasi penyimpanan tradisional, karena dienkripsi secara khusus, dan hanya dapat didekripsi dengan bantuan satu kata sandi utama, yang seharusnya hanya ada di kepala pengguna.

Pelajari lebih lanjut tentang hobi anak di Internet bersama buah hati

Saat ini, anak-anak memiliki perangkat digital di tangan mereka sejak usia dini – sekitar lima tahun. Agar jalur anak ke dunia digital aman dan tetap menarik, penting untuk mengajarkan dan berbagi dengan mereka aturan keamanan online sejak masa kanak-kanak. Agar sesi berbagi lebih menyenangkan dan menarik, orang tua dapat menggunakan permainan dan format hiburan lainnya.

Kiat lain untuk Tahun Baru adalah mendalami preferensi dan minat online anak-anak Anda. Misalnya, orang tua dapat bertanya tentang serial favorit, atau mendengarkan trek musik bersama sehingga Anda berdua dapat mempelajari beberapa praktik aman agar tetap aman saat online. Terdapat juga berbagai perangkat lunak keamanan anak yang dapat membantu orang tua mempelajari lebih lanjut tentang hobi anak dan membantu mereka mengembangkan kebiasaan digital yang sehat sejak usia dini.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version