Lindungi Pengguna, DANA Perbarui Sertifikasi Keamanan Berstandar Internasional

DANA menjamin keamanan transaksi berbasis kartu. (Foto: ilustrasi/istimewa/youngster.id)

youngster.id - Transaksi digital kerap dihantui serangan kejahatan siber. Untuk itu, dompet digital DANA menerapan standar keamanan bersertifikasi internasional dengan persyaratan ketat. Ini untuk mencegah pelanggaran sekaligus perlindungan data pengguna.

Vince Iswara CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, selain untuk memberikan perlindungan yang optimal terhadap setiap kegiatan bertransaksi dan data pengguna, sistem keamanan berstandar tinggi akan meningkatkan kepercayaan terhadap DANA sekaligus melindungi pengguna dari tindak kejahatan.

“Sejak awal beroperasi, keamanan selalu dan tetap menjadi prioritas utama DANA. Oleh karena itu, DANA telah mengelola kualifikasi dan persyaratan untuk standar PCI-DSS sejak 2018 dan secara berkala memperbaruinya. Sertifikasi ini penting dalam membangun kepercayaan pengguna dan mitra kami terhadap keamanan aplikasi DANA disamping melindungi pengguna dari tindak kejahatan, seperti pencurian data untuk penipuan,” kata Vince dalam keterangannya, Senin (26/10/2020).

Dia juga mengungkapkan, baru-baru ini DANA mendapatkan Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang penilaiannya dilakukan pada 16 Oktober 2020. PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu bermerek (VISA, MasterCard, Discover, American Express, JCB) dari skema kartu utama. Sistem kemanan ini dikelola oleh Payment Card Industry Security Standard Council untuk meningkatkan kontrol seputar data pemegang kartu untuk mengurangi penipuan kartu kredit.

“Lewat sertifikasi ini, DANA mengukuhkan diri sebagai dompet digital yang mampu menjamin transaksi berbasis kartu makin aman dan tepercaya untuk seluruh pengguna dan mitranya,” ujar Vince.

Saat ini, DANA menjadi penyedia layanan Level 1 yang telah memroses, menyimpan, dan mengirimkan lebih dari 6 juta data pemegang kartu VISA/Mastercard/ Discover setiap tahun.

Sertifikasi PCI-DSS diaudit secara independen oleh penilai bersertifikat dari Dewan Standar Keamanan PCI. DANA tetap perlu memastikan validasi triwulan dan tahunan memenuhi 12 persyaratan dalam standar PCI-DSS.

“Sejalan dengan komitmen DANA untuk memprioritaskan perlindungan data pelanggan dan pengalaman bertransaksi yang mudah, aman dan nyaman sebagai fokus utama, DANA akan berupaya mengikuti standar internasional yang dapat memicu peningkatan berkelanjutan pada produk dan layanan kami. Ini termasuk komitmen kami untuk memenuhi standar dan garis dasar tertentu yang mungkin muncul di masa depan. Baik yang terkait persyaratan bersertifikat ISO 27001 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi maupun lainnya,” tegas Vince.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version