youngster.id - Teknologi komunikasi telah mendekatkan jarak. LINE pun mengadopsi teknologi itu dengan menghadirkan fitur panggilan VoIP dengan fitur lengkap dan terkemuka di pasaran. Tak heran jika VoIP LINE sangat popular, bahkan ada 7 juta panggilan suara dan video telah dilakukan melalui LINE setiap harinya di Indonesia.
Di era digital seperti ini, LINE menawarkan pengguna cara yang lebih memadai dan sederhana untuk melakukukan panggilan telepon gratis untuk keperluan panggilan domestik dan juga panggilan Internasional. Yakni dengan menggunakan fitur VoIP LINE.
Dhyoti R Basuki, PR Director LINE Indonesia mengungkapkan, lebih dari 1 dari 4 pengguna LINE aktif di Indonesia menggunakan layanan panggilan VoIP LINE. Dan hampir semua panggilan ini (95,1%) dilakukan oleh pengguna Indonesia ke pengguna Indonesia lainnya. Tujuan panggilan lainnya adalah Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Jepang, dan Singapura.
“Pengguna LINE juga dapat menikmati meraskan ketenangan karena pesan dan panggilan mereka tetap aman, karena semua obrolan pribadi dan grup, melalui voice call ataupun group call bersifat end-to-end yang dienkripsi secara tetap menggunakan protokol keamanan ECDH,” ungkap Dhyoti dalam siaran pers, Kamis (17/1/2018).
Menurut dia, rata-rata pengguna LINE Indonesia menghabiskan lebih dari 5 menit untuk panggilan telepon sedangkan lebih dari 7 menit dihabiskan pada panggilan video (kondisi jaringan LTE). Pada jaringan WiFi, pengguna LINE menghabiskan lebih dari 9 menit untuk panggilan telepon dan 10 menit pada video.
“Durasi panggilan total di LTE dan Jaringan WiFi semua pengguna meningkat 60% dari bulan Agustus sampai Desember 2017 yang mengindikasikan bahwa para pengguna LINE telah matang dalam menggunakan fitur VoIP dari LINE. Total jumlah panggilan yang berhasil juga meningkat sebesar 44% dari bulan Agustus sampai Desember 2017,” jelasnya.
Pertama diluncurkan pada tahun 2013, layanan panggilan VoIP LINE adalah salah satu pasar pertama dan sampai saat ini telah memperkenalkan sejumlah fitur pionir, seperti desktop voice dan video call, serta dukungan lintas platform yang tidak membatasi penggunanya ke satu jenis perangkat atau sistem operasi. Pada tahun 2016, LINE juga merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan popular yang pertama kali meningkatkan layanan panggilan suaranya dengan menyertakan group video call untuk 200 pengguna.
Dhyoti menegaskan, panggilan VoIP berkualitas dan gratis merupakan salah satu dari layanan dari komitmen LINE dan termasuk kedalam pedekatan proaktif LINE terhadap lanskap konsumen yang berkembang, dan tengah bertransformasi bersama dengan kemajuan teknologi yang tidak pernah ada sebelumnya. “LINE akan terus berinovasi dan berencana meluncurkan layanan VoIP yang lebih maju lagi dalam waktu dekat,” ujarnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post