Lintasarta Dirikan Pusat Data Kelas Dunia

PT Lintasarta membangun pusat data kelas dunia. (Foto : Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Saat ini pelaku bisnis dari berbagai sektor industri seperti perbankan, asuransi, minyak dan gas (migas), pertambangan, transportasi, kesehatan serta pemerintah menuntut layanan Data Center dengan tingkat availability yang semakin tinggi. Untuk itu, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) membangun fasilitas Data Center baru berstandar internasional.

“Dengan diluncurkan data server baru ini Kami memang ingin melayani pelanggan dari ujung ke ujung, mulai dari telekomunikasi, penyediaan IT services, sampai dengan penyediaan Data Center yang menuntut layanan data center dengan tingkat availability yang semakin tinggi,” ucap, Arya Damar President Director Lintasarta pada peresmian Lintasarta Technopark Data Center pada Senin (26/9/2016) di Hotel Pulman Jakarta.

Lintasarta membangun pusat data itu diatas tanah seluas 2.200 m2 dan bangunan sekitar 4.400 m2 dengan desain berstandar internasional di wilayah Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Arya menegaskan, Lintasarta sangat serius dalam membangun Data Center sejak awal. “Karena ini merupakan komitmen kami sejak awal,” ujarnya.

Lintasarta Technopark Data Center tersertifikasi Data Center Tier III ini berkategori Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) dari Uptime Institute. Uptime Institute sendiri merupakan lembaga internasional yang memiliki standar sistem klasifikasi Tier untuk para provider data center di seluruh dunia. Uptime-pun telah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap Lintasarta Technopark Data Center hingga dinyatakan telah memenuhi persyaratan serta standar Data Center Tier III untuk TCCF. Sehingga Lintasarta Technopark Data Center kini mendapat sertifikasi desain. Sertifikasi ini melengkapi sertifikat Data Center Tier III kategori Tier Certification of Design Documents (TCDD) yang telah didapat sebelumnya.

“Yang jelas persyaratan maupun fasilitas ini sudah memenuhi syarat serta standar Data Center Tier III untuk Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF), ” ujar Arya.

Senior Director of Asia Pacific Development of Uptime Institute, Thomas Baehr, mengatakan, dengan telah diperolehnya sertifikasi Data Center Tier III untuk kategori TCCF dan TCDD membuat Lintasarta Data Center masuk ke dalam Data Center kelas dunia.

“Lintasarta Data Center akan semakin dipercaya oleh para pelanggannya serta pelaku bisnis tidak perlu menggunakan jasa konsultan untuk mengecek kualitas layanan Data Center karena jaminan sertifikasi dari Uptime Institute yang telah terpercaya,” ujarnya.

Keunggulan

Data Center ini memiliki keungulan dalam memberikan daya terus menerus dari teknologi Diesel Rotary Ununterruptible Power Supplies (DRUPS) dan sistem pendinginan yang berjalan terus menerus (continuous cooling) untuk dapat mendukung komputasi berdensitas tinggi.

“Dengan adanya Continuous cooling ini dalam data center yang membedakannya dengan yang lama,. Jadi jika listrik mati maka sistem pendinginnya akan mati pada data center, hanya server yang menyala,” terang Arya.

Keunggulan lain yang juga ditawarkan Technopark Data Center ini adalah ramah lingkungan dengan efisiensi tinggi untuk jangka panjang. Sedangkan untuk aspek keamanan tinggi turut diterapkan oleh Lintasarta, antara lain : melalui sistem keamanan berlapis, termasuk kontrol akses biometrik dan CCTV.

Lintasarta Technopark Data Center juga tersertifikasi ISO diantaranya IS0 9001:2008 tentang sistem manajemen mutu, ISO 27001:2013 tentang sistem manajemen keamanan informasi, ISO 14001:2013 tentang sistem manajemen lingkungan, ISO 20000-1:2011 tentang manajemen layanan teknologi informasi dari British Standards Institution (BSI) dan sertifikasi OHSAS 18001 : 2007 tentang sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Melengkapi daftar sertifikasi, Data Center ini juga telah mendapatkan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yaitu sertifikasi standar keamanan informasi yang diwajibkan kepada lembaga yang menangani atau berkaitan dengan informasi pemegang kartu (kartu kredit, kartu debit, dll).

Kehadiran Lintasarta Technopark Data Center semakin menunjukan komitmen serta mengukuhkan Lintasarta sebagai perusahaan yang terdepan dalam memberikan layanan Data Center terbaik kepada pelaku industri, setelah fasilitas Data Center yang berlokasi di Jatiluhur diluncurkan pada awal tahun 2016 lalu.

Arya mengatakan pada tengah tahun 2017 mendatang Lintasarta kembali untuk membangun Data Center berikutnya. Selain di luar Jakarta, diperkirakan akan membangun Data Center diantaranya di kota Surabaya, Batam, dan Balikpapan di masa mendatang.

“Karena ini merupaka target kami ingin dengan cepat membangun data center lagi. Tetapi yang pasti dibandingkan merek lain, Lintasarta paling utama mau meningkatkan layanan ini untuk kepuasan pelanggan kami,” pungkas Arya.

FAHRUL ANWAR
Editor : Stevy Widia