youngster.id - Setelah mengunjungi kota Bandung, perusahaan pemesanan tiket online Loket kali ini mendatangi para komunitas di Yogyakarta. P Kunjungan ini bagian dari inisiatif pengenalan platform digital Loket.com yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi event creator komunitas dan individu dalam meramaikan event mereka.
“Kami berusaha merancang solusi yang relevan dengan kebutuhan target pasar dan end-user. Layanan mandiri sengaja dipilih untuk memberikan pengalaman event terbaik bagi kreator maupun calon pengunjungnya,” tutur VP Consumer Solution Loket, Rama Adrian, dalam pernyataan persnya yang diterima Sabtu (14/7/2018) di Jakarta.
Kegiatan kumpul komunitas di kota Yogyakarta merupakan kunjungan kedua dalam rangkaian showcase Loket.com di hadapan komunitas-komunitas kreatif. Dalam gelarannya, Loket.com mengunjungi empat kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar dimana kota-kota tersebut memiliki pertumbuhan komunitas kreatif organik yang sangat pesat dan diyakini mampu menyumbang pendapatan ekonomi masyarakat di kota masing-masing.
Menurut Rama, kunjungan ini bagian dari inisiatif pengenalan platform digital Loket.com yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi event creator komunitas dan individu dalam meramaikan event mereka.
“Tidak sedikit pula event-event justru digagas oleh kelompok komunitas atau individu di mana mereka notabene berasal dari kalangan generasi muda dan usia produktif,” tuturnya.
Dengan pertumbuhan populasi mencapai 90 juta orang, sambung Rama, para milenial ini merupakan inisiator gerakan sosial ekonomi yang cenderung mengakses informasi lewat platform digital, namun tetap memiliki kebutuhan untuk mendapatkan pengalaman langsung dari suatu kegiatan. “Hal ini terlihat dari bisnis hiburan offline yang hampir tidak pernah sepi pengunjung,” imbuhnya.
Pihak Loket menilai salah satu masalah utama yang dihadapi event creator adalah keterbatasan metode pemasaran tiket dan sarana promosi yang berdampak pada kurang maksimalnya pengunjung event mereka. Berangkat dari permasalahan di atas, Loket.com dirancang dengan sistem layanan mandiri (self-service) yang memungkinkan kreator event bisa memasang informasi soal event secara online dan juga diakses calon pengunjung secara real-time.
Seluruh proses dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online. Lewat Loket.com, para event creator juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan kegiatannya di beberapa rekan afiliasi LOKET, termasuk melalui aplikasi GO-JEK dengan layanan GO-TIX yang kini telah menjadi bagian dari LOKET.
“Bahkan, nilai lebih yang kami tawarkan adalah event para kreator lokal ini berkesempatan untuk dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP) termasuk Blibli, tiket.com, Tokopedia, JD.ID dan lain sebagainya.” ucap Rama.
Secara terpisah, CEO LOKET Edy Sulistyo mengungkapkan, kehadiran Loket.com di kota-kota tersebut merupakan bagian dari komitmen LOKET untuk memperkenalkan teknologi ke semua kalangan. “Loket.com dirancang dengan semangat demokratis, artinya kami meyakini bahwa teknologi adalah milik semua kalangan. Pengalaman menggelar event yang profesional lewat dukungan teknologi kini bisa dirasakan oleh event creator dan calon pengunjung tanpa memandang skala event tersebut. Kalangan komunitas dan individu kini bisa mengkreasikan event mereka dengan layanan mandiri dari Loket.com,”.
Menurut Edy, Loket.com hadir untuk mendukung ruang gerak komunitas dan individu kreatif serta terciptanya ribuan event berskala kecil hingga menengah di Indonesia. Yogyakarta memiliki ciri khas tersendiri di mata generasi muda Indonesia. Beragam kreasi event mulai dari pameran instalasi seni, budaya sampai wisata alam dan belanja yang digelar di kota ini mampu menarik minat wisatawan dari berbagai negara dan dalam negeri. Tercatat pada tahun 2017 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mencapai 23,7 juta jiwa. Hal tersebut salah satunya didukung oleh kolaborasi dukungan pemerintah dan ide-ide kreatif yang digagas oleh masyarakat setempat.
“Hal di atas atas sejalan dengan komitmen Loket.com untuk terus mendukung gerakan sosial komunitas dan individu lewat teknologi. Kombinasi eksistensi milenial, komunitas kreatif, dan pemerintah yang suportif sangatlah strategis bagi inisiatif kami mengenalkan layanan dari Loket.com. Kami optimistis platform ini bisa diterima dengan baik oleh target pasar. Harapannya, dengan showcase yang kami gelar di hadapan penggiat komunitas kreatif di kota Yogyakarta, akan semakin banyak aktivitas-aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Edy.
STEVY WIDIA
Discussion about this post