LPS Gelar Kompetisi Penulisan Ilmiah Bertema Mendorong Pemulihan Ekonomi

penulis

Aktivitas penulisan ilmiah perlu ditingkatkan. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Untuk terus meningkatkan minat dan aktivitas penulisan ilmiah, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar kompetisi riset LPS Call for Research (LPS CFR). Kompetisi ini tidak hanya dapat diikuti secara khusus oleh akademisi/profesi peneliti tetapi juga oleh masyarakat umum berhadiah total Rp205 juta.

“LPS CFR menjadi wadah bagi masyarakat dan peneliti untuk mengekspresikan ide dan kemampuan penulisan ilmiah, serta untuk turut berperan aktif dalam mendiseminasikan fungsi dan tugas LPS kepada publik secara lebih luas,” ungkap Purbaya Yudhi Sadewa Ketua Dewan Komisioner LPS dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Purbaya memaparkan, LPS CFR 2022 mengusung tema Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Resilient di Tengah Tantangan dan Ketidakpastian dengan dua sub tema penelitian yang dapat dipilih, yaitu sub tema umum dan sub tema khusus.  Sub tema umum diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/S1 sampai dengan lulusan S2 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia antara lain, Program Penjaminan Simpanan; Resolusi Bank; Program Restrukturisasi Perbankan; Stabilitas Sistem Keuangan; Perilaku Deposan dan/atau Bank; Intermediasi Keuangan; Perbankan Syariah; dan Konsolidasi (Merger/Akuisisi) Bank.

Sub tema khusus diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/S1 s.d lulusan S3 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia antara lain, Strategi Meningkatkan Literasi Masyarakat atas Program Penjaminan Simpanan oleh LPS; Tantangan dan Peluang Perbankan Digital serta Implikasinya terhadap Program Penjaminan Simpanan dan/atau Resolusi Bank oleh LPS; Strategi Exit Policy dalam Memitigasi Scarring Effect Pandemi COVID-19 terhadap Ekonomi Nasional; Pengembangan Sektor Jasa Keuangan Nasional yang Berwawasan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) untuk Pembangunan Berkelanjutan; dan Lanskap Sektor Jasa Keuangan Pasca Pandemi Covid-19.

Secara rinci, hadiah yang diberikan kepada para pemenang LPS CFR 2022 lebih besar dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. Total hadiah LPS CFR tahun ini adalah sebesar Rp 205 juta. Untuk sub tema khusus sebesar Rp 105 juta dan sub tema umum Rp 75 juta. Adapun, hadiah sub tema khusus Rp 105 juta meliputi juara I Rp 45 juta, juara II Rp 35 juta, dan juara III Rp 25 juta. Hadiah sub tema umum Rp 75 juta terdiri dari juara I Rp 35 juta, juara II Rp 25 juta, dan juara III Rp 15 juta.

Sedangkan, untuk 10 research paper yang menjadi favorit juga akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp 2,5 juta. Kompetisi penulisan ilmiah ini telah diselenggarakan secara rutin sejak tahun 2017.  Pendaftaran peserta LPS CFR dibuka sejak 1 April 2022 sampai dengan 5 Agustus 2022 melalui situs cfr.lps.go.id.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version