Mahasiswa UGM Buat Aplikasi Pelaporan Tindakan Kekerasan Pada Perempuan

youngster.id - Prihatin atas kian meningkatnya kasus kekerasan terhadap perempuan tiga mahasiswa UGM, yaitu Alfian Tryputranto, Farid Amin Ridwanto, dan Ivoni Putri Pertiwi, merancang sebuah aplikasi khusus yang diperuntukkan bagi user atau korban kekerasan pada wanita. Nama aplikasinya NoViolence.

“NoViolence merupakan purwarupa yang kami kembangkan untuk memasilitasi dan memediatori permasalahan tindakan kekerasan yang dialami korban,” jelas Farid, dikutip dari laman UGM (1/3/2016).

NoViolence ini merupakan aplikasi dengan platform Android yang memudahkan pengguna dalam menceritakan kisahnya selama menjadi korban tindakan kekerasan. Aplikasi ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai Best Concept dalam acara Hack Gov 2015 “Berdaya Bersama Untuk Indonesia” yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bapenas.

Farid menjelaskan aplikasi yang tengah mereka kembangkan berbentuk diary. Aplikasi dilengkapi dengan sejumlah pertanyaan berbentuk kuesioner yang telah diadaptasi. Dengan begitu, lewat aplikasi ini akan diukur tingkat kekerasan yang dialami korban berdasarkan data-data hasil coding dari diary yang telah dituliskan pengguna.

“Aplikasi ini bisa melakukan pengukuran kekerasan yang dialami korban berupa persentase dan level kekerasan yang terjadi,” jelas Farid.

Ditambahkan Alfian, jika persentase melebihi angka 20% maka secara otomatis aplikasi akan memunculkan pop-up konfirmasi pelaporan kekerasan pada LSM di daerah setempat. Selanjutnya, pelapor dapat memilih pilihan “Laporkan” atau “Tidak Laporkan”.

“Saat ini kami tengah melakukan pengembangan lebih lanjut untuk pengembangan fitur-fitur di dalamnya. Target kami dalam beberapa bulan ke depan bisa segera dirilis,” kata Alfian.

Mereka berharap aplikasi NoViolence ini nantinya dapat membantu perempuan yang ingin melaporkan kekerasan yang dialami. Juga, mampu meningkatkan kesadaran melapor bagi para perempuan yang mengalami tindakan kekerasan baik dalam rumah tangga maupun dalam relasi personal.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

Exit mobile version