Mahasiswa USM Bimbing Pemilik UKM Kelola Situs Online

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Semarang (USM) mengunjungi pelaku UKM di Jawa Tengah. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Semarang (USM), membantu pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa UKM yang dikunjungi mahasiswa seperti usaha roti di Tlogosari, usaha tahu bakso di Gayamsari, hingga usaha mebel di Demak.

“Mahasiswa diwajibkan membuat memorandum of understanding (MoU) dengan UKM berkaitan dengan kerjasama pemasaran online. Peran mahasiswa adalah memanfaatkan teknologi informasi sebagai promosi bagi UKM,” ungkap Henny Indriyawati Dosen Mata kuliah kewirausahaan dalam keterangan tertulis, Jumat (13/01/2017).

Sebelum melaksanakan MoU mahasiswa lebih dahulu melakukan pengamatan kegiatan mulai dari cara produksi sampai dengan promosi. Dari pengamatan tersebut mereka akan mendeteksi apa kendala dari tiap UKM.

“Mayoritas kendala memang dari sisi pemasaran, oleh karena itu, mahasiswa membuatkan web dan memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram serta path dan twitter sebagai media promosi,” kata Henny.

Selain membuatkan web, mahasiswa juga diminta mengajarkan kepada pemilik usaha bagaimana mengelola web, cara penggunaan media sosial, dan mendaftarkan produknya ke situs, sehingga pemilik usaha dapat terus memantau perkembangan usahanya melalui respon pelanggan dari media sosial.

April Firman Daru yang juga dosen mata kuliah Kewirausahaan menambahkan bahwa penilaian capaian mahasiswa akan dilihat dari seberapa bersar dampak pemasaran seperti meningkatnya transaksi penjualan dan bertambahnya pelanggan.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version