youngster.id - Pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental. Terbukti dari jumlah konsultasi psikolog di Good Doctor Technolgy Indonesia meningkat 7x lipat. Untuk itu layanan telemedis Good Doctor bermitra dengan AXA Financial Indonesia, menyediakan “ruang yang aman” bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan mental.Baru-baru ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) melakukan survei swa periksa (self check) psikologis yang diikuti oleh 4.010 responden dari seluruh Indonesia. Hasil survei menunjukkan bahwa 65% dari responden mengaku memiliki kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis yang disebabkan oleh pengalaman tidak menyenangkan terkait pandemi.
“Perubahan drastis di elemen masyarakat yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental, hal ini terbukti dari jumlah konsultasi psikolog di aplikasi kami yang meningkat 7x lipat dibandingkan bulan April atau awal pandemi. Kami percaya bahwa dengan teknologi, kami dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental cukup melalui smartphone,” kata Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia dalam keterangannya, Jumat (16/10/2020).
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Good Doctor Technology Indonesia dan AXA Financial Indonesia meluncurkan program Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA gratis untuk para pemegang polis asuransi AXA Financial Indonesia. Peluncuran layanan ini diharapkan dapat turut memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental di Indonesia, yang menjadi kian penting dalam situasi pandemi COVID-19.
Danu mengaskan, layanan konsultasi ini tersedia 24/7 dan dapat langsung menghubungkan pengguna dan mitra psikolog klinis secara privat. “Layanan telemedis memiliki peran strategis dalam melawan stigma ini dengan akses yang mudah sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan tidak lagi takut atau ragu-ragu untuk segera mendapatkan bantuan profesional,” katanya.
Sementara itu, Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia mengatakan, melalui program ini Good Doctor dan AXA Financial Indonesia mendorong setiap orang untuk mendapatkan bantuan profesional dan pemeriksaan kesehatan mental mereka dengan tepat. Pandemi COVID-19 menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada masalah kesehatan mental yang terus meningkat, namun, kondisi ini cenderung tidak diperhatikan atau diabaikan.
“Melihat adanya kebutuhan dan keterbatasan nasabah di masa pandemi ini, AXA Financial Indonesia berupaya untuk terus mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Good Doctor, perusahaan telekonsultasi terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan kemudahan, keamanan dan akses, yang didapat melalui platform digital yang profesional, memiliki kredibilitas dan berkualitas,” ujar Niharika.
Pada kemitraan ini, Good Doctor ditunjuk sebagai penyedia telemedis untuk menjawab pertanyaan kesehatan mental jutaan pengguna asuransi AXA Financial Indonesia, yang mencakup konsultasi tanpa batas dengan Dokter Umum dan 3 kali konsultasi dengan psikolog dalam kurun waktu 3 bulan bebas biaya atau gratis.
STEVY WIDIA
Discussion about this post